Pilihan Menu MPASI 6 Bulan untuk Bayi


Tidak mau gagal untuk yang kedua kali nya dalam memberikan makan pendamping selain ASI (MPASI), membuat saya berpikir keras dalam memberikan menu terbaik untuk anak kedua yaitu gibran. Sebelum usia gibran 6 bulan, saya telah memberi makanan kepada gibran. Pemberian makan 1 minggu lebih awal dengan pertimbangan, bahwa gibran sudah menunjukkan rasa penasaran ingin makan di saat orang yang ada di sekitarnya sedang makan. Oleh karena itu, sejak mengetahui gibran ingin merebut makanan yang kami makan, MPASI dilakukan. 

Jika anak pertama dulu saya tidak maksimal dalam pemberian menu tunggal dan menu 4 bintang. Lain hal dengan gibran, 1 bulan sebelum MPASI saya membaca referensi tetang MPASI dan menu-menu untuk MPASI. MPASI dimulai dengan menu tunggal selama 10 hari. Dengan memperkenalan buah-buahan terlebih dahulu dan tepung beras merah. Namun, ketika saya memberikan menu tunggal kepada gibran, tak jarang pula gibran menolak makanan dan berujung pada GTM (gerakan tutup mulut). Ketika itu saya berpikir positif, menolak bukan berarti tidak suka, hanya saja gibran membutuhkan waktu untuk mengenal rasa. Ini yang membuat saya setiap hari, belajar dan terus belajar menemukan menu terbaik untuk adik gibran. Gagal kemudian coba lagi dan coba lagi.

Di hari ke-11 gibran MPASI, saya mencoba menu 4 bintang yang terdiri dari Karbohidrat, Protein hewani, Protein Nabati dan Sayur. Karbohidrat yang terdiri dari Beras merah, Beras putih, Ketang, Jagung dan Oatmeal. Protein hewani terdiri dari Daging ayam, Salmon, Telur dan Daging sapi. Protein Nabati terdiri dari Kacang hijau, Tempe, Kacang merah, Tahu, dan Kacang Polong. Dan sayur berupa Wortel, Bayam, Brokoli dan Labu. 

Berikut ini, pilihan MPASI 6 bulan+ untuk gibran dengan Menu 4 bintang. Hari ke-11 komposisi MPASI terdiri dari ayam kampung, buncis, wortel, kentang , tambahan lemak Evoo dan kaldu ayam kampung. Alhamdulillah, gibran makan dengan lahap dan habis. Kemudian di hari 12 menu 4 bintang MPASI gibran adalah buncis, ikan tenggiri , tempe, brokoli, labu siam, buncis, tambahan evoo dan kaldu kepala ikan salmon. Sementara itu, di hari ke-13 menu 4 bintang gibran ati ayam kampung, kentang, timun jepang, brokoli, evoo dan kaldu ayam. Menu 4 bintang di hari ke-14 ayam kampung, brokoli, jagung, bayam, tahu, evoo dan kaldu ayam.

Untuk kaldu ayam saya buat sendiri dari ceker ayam kampung, lalu ditambah 1 siung bawang putih dan daun sop selidri. Sementara untuk minyak ikan salmon, saya buat dari kepala ikan salmon kemudian di rebus selama 30 menit, lalu diambil minyak nya dan di taruh di tempat-tempat kecil. Minyak kepala ikan salmon saya berikan kepada anak pertama juga.

MPASI hari ke-11 dengan Menu 4 Bintang


MPASI Hari ke-12 dengan Menu 4 Bintang


MPASI Hari ke-13 dengan Menu 4 Bintang


MPASI hari ke-14 dengan Menu 4 Bintang


Selain menu 4 bintang, biasanya pukul 10 s/d 11 siang saya memberikan buah-buahan untuk tetap memperkenalkan gibran kepada beragam jenis makanan lainnya. Buah-buahan yang saya berikan seperti alpukat, pisang, pepaya, buah naga, apel, pisang dll. Buah yang saya berikan terlebih dahulu di blender dan kemudian disharing kembali.

O iya, alat masak yang digunakan untuk membuat menu 4 bintang adalah food processor. Dengan food processor semua bisa lebih mudah dibandingkan dahulu ketika anak pertama saya hanya menggunakan panci & blender.

Alhamdulillah, ikhtiar saya dalam memberikan MPASI kepada gibran membuahkan hasil. Sudah hampir seminggu menu 4 bintang, gibran makan sangat lahap sekali tidak ada drama GTM lagi. Semoga makan lahap terus ya, perjalanan masih sangatlah panjang.







Comments

Popular Posts