Konsisten Dalam Melatih Kemandirian Anak

Bismillahirahmanirahim,

"Kakak syifa, sudah mau sarapan belum?" ucap saya kepada kakak syifa. "Sebentar lagi ummi, 5 menit lagi," ucap kakak syifa sambil menunjukkan kelima jari nya. "Oke, kalau begitu ummi tunggu 5 menit lagi yaa, kita akan makan bersama". "Siap", ucapnya. Setelah 5 menit berlalu, saya menyiapkan sarapan untuk kami berdua. Alhamdulillah, di hari ke-3 kakak syifa semakin konsisten mau makan sendiri. Setelah menghabiskan makanan kakak syifa langsung menaruh piring ke tempat cucian lalu mencuci piringnya. Seperti biasa aktivitas mencuci piring di warnai dengan tumpahnya air  dan banyaknya busa yang jatuh di lantai. Kemudian, saya mengajak syifa untuk membersihkan air dan busa yang ada di lantai dengan menggunakan tisu sampai akhirnya lantai kembali kinclong. Terima kasih ya nak, sudah membantu ummi. "Sama-sama," ucapnya.

Aktivitas mencuci piring

Setelah semuannya selesai, kakak syifa ke taman mini belakang rumah. Saya mengira syifa ingin manaruh pakaian basahnya ke tempat mesin. Ternyata dugaan saya salah, syifa mengambil selang lalu menyiram tanaman. Saya pun mendekati syifa, "kakak, ngapain nak?" ucap saya kepada  syifa. "Mau siram tanaman ummi, kasihan tanamannya haus belum minum," jawabnya. Rupanya syifa merekam pembicaraan saya mengenai tanaman waktu itu. Dulu, setiap sore saya menyiram tanaman dan kakak syifa selalu bertanya, kenapa di siram ummi?. Saya pun menjelaskan, tanaman sama seperti kita butuh minum juga, karena tangerang sudah lama tidak hujan jadi ummi siram saja tanaman ini. 

Kemudian aktivitas kakak siram tanaman selesai dan dilanjut dengan main air sepuasnya sambil basah-basahan. Disela-sela syifa main air, saya mengucapkan terima kasih kepada syifa. Sekali lagi terima kasih ya sayaang, anak ummi rajin sekaliii. Ummi bangga memiliki syifa. "Toos".

Aktivitas menyiram tanaman

Reward hari ini selain ummi kasih bintang, kakak syifa ingin apa nak? tanya saya kepadanya. "Syifa, pengen buat roket," ucapnya. "Baiklah, hari ini kita akan membuat roket".

Aktivitas membuat roket
MasyaAllah tabarakallah.


#Harike-3
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional


Comments

Popular Posts