Melatih Kemandirian Anak Dalam Hal Mandi Sendiri (Hari ke-6)

Bismillahirahmanirahim,


Hari ini, kakak syifa meminta untuk memakai sepatu sendiri sebelum gowes sepedannya. Alhasil ayah yang sudah siap untuk jalan pagi harus menunggu 5 menit kakak syifa memakai sepatu. Ada tawaran dari ayah untuk membantu kakak syifa memakai sepatu, tapi tawaran itu ditolak oleh syifa dengan alasan bisa memakai sepatu sendiri. "Aku bisa memakai sepatu sendiri ayah, kan aku uda gede," ucap nya. Saya yang mendengar ucapan syifa hanya senyum-senyum sendri.  Setelah, bisa memakai sepatu sendiri syifa pun mendorong sepedanya dan jalan-jalan pagi bersama ayah dan adik sebelum ayah berangkat ke kantor.


Memakai sepatu sendiri

Tak lama kemudian, terdengar suara kring... kring... sepeda syifa yang bertanda mereka sudah selesai jalan-jalan pagi. Kakak syifa memarkirkan sepeda nya di depan rumah, sementara ayah bergegas untuk berangkat ke kantor. Setelah ayah berangkat ke kantor, kakak syifa melanjutkan aktivitas lain yaitu mandi pagi. "Syifa mau mandi ah, biar seger badannya," ucapnya sambil membuka pakaian dan meletakkan ketempat pakaian kotor. 20 menit berlalu, saya pun melihat syifa ke kamar mandi. "Kak, belum selesai mandinya?" tanya saya. "Belom ummi, syifa mau mandi sepuasnya," ucapnya. "Oke, baiklah, hemat air ya nak. Kalau sudah pakai sampo dan pakai sabun langsung bilas lalu gosok gigi ya nak. "Kakak syifa belajar menghemat air ya," ucap saya. "Kenapa mesti hemat air ummi?" tanyanya. Kemudian saya menjelaskan kepadanya, karena tidak selamannya air dirumah kita akan banyak terus nak. Waktu dulu pernah kan, air mati terus kakak syifa harus mandi dengan air yang sedikit 3 gayung. Nah, bukan berarti air banyak kita harus boros dengan air ya nak. Syifa akhirnya sedikit mengerti dan bergegas untuk memakai handuk dan memakai baju. Selama syifa mandi sendiri, saya berikan tanggung jawab dan kepercayaan penuh terhadap syifa bahwa ia bisa melakukan semuanya secara mandiri. 


#Harike-12
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Comments

Popular Posts