Melatih Kemandirian Anak Dalam Hal Mandi Sendiri (Hari ke-2)

Bismillahirahmanirahim,

Melatih kemandirian anak dalam hal mandi sendiri sangat erat hubungannya dengan meningkatkan rasa percaya diri. Tugas saya selain mendampingi kakak syifa adalah meningkatkan rasa percaya diri kakak syifa bahwa ia mampu mengerjakan semuanya. Walaupun aktivitas mandi lebih lama  jika dibandingkan dengan saya yang mandiin. Selain waktu mandi yang lama, terdapat raut muka bahagia dari kakak syifa karena ia diberi kebebasan. Seperti tadi sore kakak syifa menghabiskan waktu untuk mandi selama 30 menit. Saya hanya mengamati apa saja yang dilakukan syifa selama 30 menit. Ternyata selain mandi, kakak syifa juga ber imanjinasi menjadi penjual es krim. Dengan busa sampoo dan sabun kakak syifa menaruh kedalam gayung sehingga membuat aktivitas mandi menjadi lama sekali. Disini, saya belajar sabar untuk tidak mengganggu atau pun membantu syifa. Saya ingin melatih kemandirian syifa, berarti saya harus tau resiko yang harus di hadapi.

Sehabis mandi, seperti biasa kakak syifa mengambil baju di lemari pakaian kamarnya. Saya sengaja memilih lemari baju yang ramah anak dengan demikian kakak syifa dapat mengambil dan memilih baju yang ingin ia gunakan. Setelah berpakaian, ternyata kamar kakak syifa masih berantakan dengan kertas-kertas yang berserakan. Karena tadi siang, kami berdua membuat kreasi mainan. Saya pun membiarkan kertas-kertas yang berserakan di lantai. Lalu, saya bertanya kepada kakak syifa, "kak, kertas-kerasnya gak diberesin?". "Oke, ummi syifa bereskan," ucapnya. Tak lama kemudian, kakak syifa mengambil sapu kecil nya untuk menyapu kertas-kertas yang berserakan.

Aktivitas menyapu 

Setelah semuanya selesai, kakak syifa berbicara kepada saya bahwa cacing yang ada di perut nya sudah bunyi bertanda bahwa kakak syifa sudah lapar. "Kakak lapar ya?" tanya saya ke kakak syifa. "iya ummi" ucapnya. "Kakak, mau menu apa?" tanya saya. "Ayam goreengg ummi,". "Oke, baiklah ummi ambilkan nasi dan ayam goreng kalau begitu," ucap saya ke syifa. Kemudian, kakak syifa tetap konsisten untuk makan sendiri. Kemudian kakak syifa mengambil gelas minumnya sendiri. Lagi-lagi rak gelas pun di design ramah anak untuk memudahkan syifa dalam mengambil gelas untuk minum.

Kesabaran dalam mendampingi dan konsisten menjadi kunci utama dalam melatih kemandirian anak.

#Harike-8
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesiona


Comments

Popular Posts