Hari Kedua Melatih Kemandirian Pada Anak

Bismillahirahmanirahim,


Pagi ini adalah hari kedua kakak syifa makan sendiri, kemudian kakak syifa menaruh  piring di tempat cucian piring lalu mencuci piring makan nya. Berbeda dengan hari ini pertama, dimana kakak syifa mau makan di meja makan, hari kedua ini kakak syifa lebih memilih untuk makan di playmate. Sebelum makan kakak syifa meminta izin kepada saya, bahwa kakak syifa ingin makan sambil menonton upin dan ipin. Awalanya saya tidak meng-izinkan kakak syifa menonton sambil makan, karena pasti tidak akan focus makannya. Akan tetapi, karena kakak syifa terus memohon kepada saya dan berjanji akan menghabiskan makanan, saya pun akhirnya luluh dan mengizinkan syifa untuk makan sambil menonon. Setelah itu, saya meminta kakak syifa untuk membaca doa sebelum makan. 

Melatih untuk makan sendiri

Kakak syifa pun menepati janjinya dengan mau makan sendiri lalu menghabiskan makanan. Setelah makan, piring makan kakak syifa taruh di tempat cucian piring. Namun piring yang digunakan untuk makan tadi tidak langsung di cuci sama syifa. Saya pun menanyakan kepada kakak syifa, "Kak, piringnya tidak di cuci?", ucap saya kepada kakak syifa. "Besok saja ya ummi, kakak syifa cuci," jawabnya. "Kenapa besok kak, cuci piringnya?." ucap saya kepada kakak syifa. "karena syifa, masih mau Norton upin ipin," jawabnya. "Oke, kak." ucap saya kepada syifa.

5 menit kemudian, film upin ipin pun selesai, kakak syifa pun menarik kursi ke tempat cucian piring. Kemudian kakak syifa mengambil piring kotornya lalu mencuci piring makannya. Sambil mencuci piring, kakak syifa bercerita kepada saya tentang seruunya film upin ipin yang di tonton nya tadi. Saya pun antusias mendengarkan cerita kakak syifa. Setelah mencuci piring, kakak syifa pun berteriak "selesai," "toss ummi". Saya berterima kasih kepada kakak syifa sudah mau Konsisten dan bertanggung jawab untuk mencuci piring makannya, walaupun selesai cuci piring baju kakak syifa basah semua dan lantai penuh dengan air. 

Aktivitas mencuci piring

Kemudian, saya memberikan reward untuk kedua kali nya kepada kakak syifa atas kemandirian nya  untuk mau makan sendiri, meletakkan piring kotor dan mencuci piring kotor. Good job kak, semoga konsisten. 

Reward 


#Harike-2
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Comments

Popular Posts