Melatih Kemandirian Anak Dalam Hal Mandi Sendiri (Hari ke-1)

Bismillahirahmanirahim,

Agenda rutin kakak syifa setiap minggu pagi adalah membantu ayah menjemur pakaian, kakak syifa mengambil baju di mesin cuci kemudian suami yang menggantung baju di jemuran. Setelah aktivitas menjemur pakaian, kakak syifa bergegas untuk mandi. Untuk mandi sendiri, terkadang kakak syifa masih suka meminta saya untuk di mandiin. Sulit sekali untuk mengatakan tidak kepada syifa ketika ia meminta saya untuk mandiin. Hari ini, kita sama-sama belajar nak. Ummi belajar sabar menunggu syifa mandi, dan memberi kepercayaan penuh kepada syifa bahwa bisa melakukan semua tanpa ummi. Syifa pun saya beri kebebasan dalam hal memilih apa pun.

Mandi pagi kakak syifa hari ini berlangsung lama, kurang lebih 20 menit. Sudah 3 kali saya bolak balik  ke kamar mandi untuk memastikan apakah kakak syifa sudah memakai sabun, memakai sampoo dan menggosok gigi. Kemudian saya menanyakan kepada kakak syifa, apakah rambutnya sudah diberi sampoo? lalu kakak syifa pun menjawab bahwa ia sudah memakai sampoo dan sabun. Kalau gosok gigi sudah belum nak? tanya saya kepada kakak syifa. "Belom ummi," katanya. Ayo kak gosok gigi, setelah itu kakak syifa handukan. Lagi-lagi saya memberi kepercayaan kepada kakak syifa bahwa ia bisa melakukan semuanya. Setelah semuannya selesai, syifa pun bergegas menggunakan handuk karena tubuhnya sudah mengigil kedinginan akibat mandi yang terlalu lama. Dan menuju lemari pakaian untuk memilih baju yang ingin ia gunakan.

Melatih kemandirian kakak syifa sama dengan melatih kesabaran saya.

#Harike-7
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Comments

Popular Posts