Melatih Kemandirian Anak Dalam Hal Mandi Sendiri (Hari ke-4)

Bismillahirahmanirahim,


"Kak, mandi yuk," ucap saya kepada kakak syifa. "Gak mau mandi sama ummi..," ucapnya sambil lari menuju adik yang ada di bouncer. Lalu, saya pun kembali melanjutkan bersih-bersih tempat tidur. Tak lama kemudian, suami datang menghampiri saya dan mengatakan bahwa syifa tidak mau mandi  dengan alasan selalu kalah mandi kalau mandi berdua dengan saya. Oo, rupanya sang kakak mengingat ketika mandi pagi bersama saya kemarin, saya mengajak kakak lomba mandi cepet-cepetan. Siapa yang duluan selesai mandi, dia yang akan menang. Oke, kalau begitu saya pun mengganti startegi mandi pagi hari ini. Kemudian saya memanggil kakak syifa untuk clear and clarification, ternyata benar yang dikatakan suami. Alasan syifa tidak mau mandi bukan karena males mandi tapi karena takut kalah kalau mandi berdua bersama saya. Saya pun menerapkan strategi baru. Saya mengganti kata "lomba cepet-cepetan mandi" dengan "Bersih-bersih tubuh mu supaya wangi" dengan bernyanyi. Akhirnya kakak syifa mau mandi sendiri. Saya mengamati syifa dari depan pintu kamar mandi. Syifa menggosok giginya sambil bernyanyi "gosok-gosok gigi mu, gosok-gosok gigi  mu... gigi.....". MasyaAllah nak lucunya tingkah mu pagi ini. 

Sehabis mandi, tak lupa kakak syifa memakai bajunya sendiri. Sementara itu, saya menyuapin adik gibran makan. Selama kakak syifa memakai baju sendiri, beberapa kali ia meminta saya untuk mengkoreksi apakah singlet, celana, baju yang ia gunakan sudah benar atau belum. "Good job" kak, baju yang kakak pakai sudah benar semuanya ucap saya kepada kakak syifa. "Yeay," ucapnya. Terlihat senyum bahagia, karena telah diberi kepercayaan untuk bisa memakai baju sendiri. Lalu, saya meminta tolong kepada syifa untuk mengambil sisir dan saya pun sisir rambut kakak syifa.

Disela-sela sisir rambut kakak syifa, syifa mengatakan ingin sarapan dengan coco crunch yang dibelinya kemarin di Indomaret. Saya pun mengiyakan permintaan syifa. Kemudian, kakak syifa mengambil kursi kecil sebagai alat bantu nya untuk mengambil coco crunch yang terletak di atas kitchen set. "Aha, aku mendapatkannya", ucapnya dari atas bangku. Coco crunch pun di bukanya dengan gunting lalu di tumpahkan ke mangkok coco cruch, kemudian kakak syifa menekan air yang ada di dispenser dan mengaduk coco crunch.

#Harike-10
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Comments

Popular Posts