Melatih Kemandirian Anak Dalam Hal Mandi Sendiri (Hari ke-7)

Bismillahirahmanirahim,


Sabtu bersama ayah, hari yang selalu di tunggu-tunggu oleh kakak syifa. Dimana, hari ini dia bisa bermain full bersama ayah dan bisa melakukan aktivitas lain bersama ayah. Selain itu, kebiasaan lain di hari sabtu adalah kakak syifa mandi siang pukul 08.00-08.30, yang mana kalau di hari biasa (senin-jumat)  kakak syifa jam 06.45 sudah mandi pagi. Kebiasaan mandi pagi saya latih saat syifa waktu bayi, ketika saya masih bekerja, syifa selalu saya mandikan pagi hingga terbawa sampai sekarang.

Kemandirian kakak syifa dalam hal mandi sendiri alhamdulillah semakin konsisten. Hal ini dapat dilihat, ketika tadi pagi saya menawarkan bantuan kepada syifa untuk di mandi kan. Namun, kakak syifa menolak untuk di mandikan dan memilih mandi sendiri. MasyaAllah tabarakallah nak. 

Setelah, mandi kakak syifa bermain bersama ayah dan adik gibran. Sementara itu, saya menyiapkan sarapan pagi untuk kami bertiga. "Saatnya, sarapan," ucap saya kepada suami dan syifa. Mereka menghentikan aktivitas bermain sejenak untuk sarapan pagi sebelum bermain kembali. Setelah sarapan, kakak syifa membantu saya menyiram tanaman dibelakang. "Bolehkah, aku membantu ummi?" tanya syifa kepada syifa. "Silahkan nak,"ucap saya. Lalu syifa mengambil selang air, kemudian menyiram tanaman dan rumput. Siram tanaman selesai, kakak syifa melanjutkan aktivitasnya dengan menolong ayah.

Disini, saya melihat suami memberikan ruang untuk meng- eksplore. Walaupun hasil menyemen nya tidaklah rapi. Akan tetapi, itu bukan lah tujuan yang utama. Terlihat dari wajah syifa yang happy diberi kebebasan untuk membantu suami. Setelah selesai menyemen, ayah mengucapkan terimakasih kepada asisten yang telah membantunya. Ya, asisten adalah sebutan suami untuk kakak syifa setiap ingin membantu nya dalam mengerjakan segala hal. "Terima kasih asisten," ucap sang ayah. Dan pelukan hangat ini menjadi hadiahnya karena telah membantu sang ayah.



Aktivitas syifa

#Harike-13
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Comments

Popular Posts