Melatih Kemandirian Anak Dalam Hal Makan Sendiri, Meletakan Piring Kotor dan Mencuci Piring

Bismillahirahmanirahim,


Di usia syifa 3 tahun 11 bulan, saya mulai melakukan evaluasi terhadap diri saya. Khususnya mengevaluasi tentang kemandirian apa saja yang sudah saya latih kepada kakak syifa. Melatih kemandirian pada kakak syifa merupakan point yang saya anggap penting mengingat usia kakak syifa bulan depan tepat 4 tahun. Salah satu list saya untuk melatih kemandirian kepada kakak syifa adalah konsisten dalam makan sendiri, konsisten dalam menaruh piring makan di tempat cuci piring dan mencuci piring makan. 

Sebenarnya di usia syifa 2 tahun, syifa sudah saya latih untuk makan sendiri. Setiap hari nya syifa makan sendiri. Namun setelah kehadiran adik gibran, kakak syifa selalu ingin disuapin ketika makan. Pagi ini, saya mencoba untuk melatih syifa agar konsisten mau makan sendiri di meja makan. Kemudian setelah makan piring tersebut di taruh ke tempat pencucian untuk di cuci. 

Startegi pertama yang saya lakukan agar syifa mau kembali untuk makan sendiri adalah :
  1. Mematikan Televisi : disini saya berusaha mengajak kakak syifa untuk focus dalam melakukan aktivitas makan tanpa harus menonton tv. Alhamdulillah cara ini cukup efektif.
  2. Makan Bersama : dengan makan bersama, kakak syifa bersemangat untuk menghabiskan makanannya.
  3. Menggunakan piring & gelas kesukaan kakak syifa. Ini sangat efektif. 
Melatih makan sendiri


Setelah makan bersama, saya memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada syifa untuk menaruh piring kotor ke tempat cucian lalu mencuci piring tersebut.  Dari aktivitas mencuci piring saya melihat kakak syifa berani mengambil resiko dengan mau basah-basahan dan bertanggung jawab terhadap piring tersebut. 

Aktivitas mencuci piring

Aktivitas mencuci piring


Kemudian, setelah semua nya selesai saya langsung bertanya kepada kakak syifa. Apakah kakak syifa senang melakukan semuanya, bisa mandiri dari makan sendiri, lalu meletakkan piring ke tempat cucian piring dan mencuci piring? kakak syifa pun menjawab senang bisa membantu ummi. Terima kasih ya nak, kakak syifa sudah membantu ummi. Ummi sayang sama kakak syifa. Sebagai tanda terima kasih ummi kepada kakak syifa  ummi memberikan bintang ini kepada kakak syifa. Dan syifa pun sangat senang bisa memperoleh reward bintang dari saya. Bintangnya aku pakek seharian ya ummi. Silahkan saayaang..

Reward Bintang


#Harike-1
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional


Comments

Popular Posts