Menstimulus Anak Suka Membaca Dengan Menyediakan Perpustakaan Mini di Rumah

Bismillahirahmanirahim,

Beberapa hari di Lampung ternyata ada yang merindukan rumah. Kami yang baru tiba dirumah, syifa langsung membongkar seluruh mainanan dan main bersama adik. "Syifa kangen sama mainan syifa, kalau dirumah oma mainannya sedikit", ucap syifa kepadaku sambil bermain dokter-dokteran bersama adik. Setelah puas bermain bersama adik, syifa melanjutkan aktivitas mandi dan makan. Tidak ada capek dari raut mukanya, seperti batrei hp yang terisi penuh. 

"Brak!", terdengar suara buku yang terjatuh. Aku mencari dari mana suara itu datang dan menghampirinya. Ternyata, aku melihat syifa sedang asik di perpustakaan mini nya dan sedang membaca buku "aku sangat senang". Tak ingin menggangu syifa yang sedang asik dengan bukunya, aku kembali melanjutkan aktivitas lain. Dari kejauhan, terdengar suara syifa yang sedang bercerita kepada adiknya. "Ini gambar kakak dan ini adik", ucapnya sambil menunjuk gambar yang ada dibuku. Kemudian, mengarang cerita untuk adiknya karena syifa belum bisa membaca. Setelah bersih-bersih rumah selesai, aku menghampiri mereka untuk berdogeng dengan miminta syifa memilih buku yang ia sukai. "Lumba-lumba si baik hati nya" menjadi pilihan kami untuk berdogeng hari ini. 

aktivitas syifa

Setelah berdogeng dan bercerita, aku meminta syifa untuk mengembalikan buku-buku ini ke perpustakaan mini yang kami sebut dengan "pojok baca syifa". Perpustakaan mini ini sengaja saya buat menghadap kedepan dan rak buku tidak terlalu tinggi, agar judul-judul buku terlihat sehingga syifa bisa memimilih buku yang ingin ia baca. Selain itu, dengan rak buku yang tidak terlalu tinggi lebih memudahkan syifa untuk menaruh dan mengembalikan buku. 2.5 tahun pojok baca syifa  ada dikamar nya. Alhamdulillah, tanpa disadari setiap harinya syifa pasti nongkrong disini. Minimal membaca 1 buku. Dan ini adalah salah satu ikhtiar saya dalam menstimulus syifa agar senang membaca. 

#HariKe-6
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#Menstimulusanaksukamembaca
#KuliahBunsayIIP

Comments

Popular Posts