"Baca Buku yuk!"

Bismillahirahmanirahim,

"Kak, hari ini kita mau buat mainan apa?" tanya ku. "Baca buku yuk mi! lebih seru daripada membuat mainan," ucapnya. Aku yang mendengarnya permintaan syifa langsung meng-iyakan. Alhamdulillah, di usia nya 4 tahun 2 bulan syifa sudah bisa request untuk  dibacakan buku setiap hari nya. Perlahan buku sudah menjadi sahabat dan temannya. MasyaAllah kak, bahagianya ummi. Semoga sampai besar nanti ya kak.

Sebelum memulai aktivitas membaca, seperti biasa, syifa memilih dan mengambil buku yang ada di perpustakaan mininya. Buku yang berjudul "Cerdas dan Sholeh bersama Hafiz dan Hafizah" dari Al-Qolam menjadi pilihannya. Lalu, Aku meminta syifa untuk membuka halaman buku yang ingin dibacakannya. Halaman buku pilihannya adalah tentang Nabi-nabi dan Kisah sifat-sifat teladan Nabi Muhammad SAW. Sebelum memulai membacakan dan bercerita, aku mulai dengan Bismillah agar Allah selalu membimbing lisan ini untuk menceritakan tentang Nabi dan kisah sifat Nabi Muhammad SAW. 

aktivitas syifa membaca buku 

Halaman pertama yang dibuka oleh syifa adalah cerita tentang nabi Shaleh A.S, kemudian dilanjut dengan cerita nabi Musa A.S, Nabi Zakaria A.S, Nabi Isa A.S dan Nabi Muhammad SAW. Setelah  membaca cerita nabi, syifa membuka halaman lain yang bercerita tentang sifat-sifat teladan Nabi Muhammad SAW dimulai dari sifat Berani, ikhlas, kelembutan hati. 20 menit berlalu, aku bertanya kepada syifa apakah ingin melanjutkan membaca atau tidak. Ternyata jawabannya adalah lanjut. Ya, syifa ingin melanjutkan ceritanya. Dugaan ku salah, aku mengira syifa akan bosan mendengar cerita ini karena masing-masing cerita berisa 2 halaman bahkan lebih.

Baiklah kak, kita akan melanjutkan cerita tentang sifat-sifat teladan Nabi muhammad SAW. Sifat teladan Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah keteguhan hati. Bagaimana, Nabi Muhammad SAW memiliki hati yang teguh dalam melaksanakan hal yang benar. Walaupun Nabi dicemooh dan di ancam namun Beliau tetap berteguh hati untuk melakukan hal yang benar sesuai dengan kehendak Allah SWT. Milikilah hati yang teguh dan tidak tergoyahkan oleh cemoohan bahkan anacaman ya kak.

Dan kisah selanjutnya adalah Sifat mandiri. Bahwa Nabi Muhammad SAW, mengajarkan kita untuk menjadi orang yang mandiri tidak menjadi tukang yang meminta-minta. Selagi kita diberikan kesehatan, kekuatan dan kesempatan. Selama membacakan kisah ini, aku pun terlarut sampai-sampai tidak menyadari air mata jatuh dibuku ini "Ya Nabi salam alayka". Lalu, syifa bertanya kenapa ummi menangis dan kemudian aku menjelaskan lebih lagi tentang Nabi Muhammad SAW. Berhubung adik gibran sudah bangun, akhirnya kami menyudahi aktivitas membaca hari ini.

aktivitas syifa

#Harike-10
#Tantangan10hari
#Gamelevel5
#Menstimulusanaksukamembaca
#KuliahBunsayIIP

Comments

Popular Posts