"Belajar Membaca Huruf Konsonan dan Huruf Vokal"

Bismillahirahmanirahim,

Beberapa bulan yang lalu saya pernah mengenalkan huruf-huruf konsonan dan vokal kepada syifa melalui moveable alphabet  atau puzzle alphabet.  Namun perkenalan itu belangsung singkat, syifa  lebih menyukai menghitung dan belajar angka. Setiap kali di sodorkan dengan gambar-gambar dan diminta untuk menghitung jumlahnya syifa langsung antusias, tanpa disuruh pun ia senang melakukannya. Hari kamis kemarin saya mencoba kembali mengenalkan huruf yang bertuliskan namanya "syifa", saya meminta syifa untuk mencocokan huruf tersebut dan alhamdulillah 5 huruf selesai. Perlahan syifa bisa mengeja namanya " s y i f a". Kemudian, saya menambah tulisan huruf "ayah, gibran dan ummi" dan meminta syifa mencari huruf dari moveable alphabet.  Namun syifa tidak mau melakukannya. "Oke kak tidak apa-apa kalau tidak mau, kita lanjut bermain yang lain yuk." Jika nanti waktunya sudah tiba, syifa akan senang belajar mengenal huruf.

aktivitas syifa 

Pagi tadi syifa mengambil hafidzol yang ada di atas rak mainannya. Syifa meminta ku untuk dipilihkan menu preschool. Menu preschool berisikan tentang lagu-lagu mengenal huruf konsonan dan vokal. Syifa mengikuti apa yang ada dilayar hafidzol, menyebutkan huruf-huruf konsonan dan vokal seperti "a, b, c, d, ba, bi, bu, a, i, u, e, o". Kemudian iya bernyanyi sampai-sampai lagu-lagu ini diputar terus menurus. Aku tidak ingin menganggu aktivitas syifa dan mengamati syifa dari kejauhan. Untuk saat ini syifa lebih menyukai belajar membaca huruf konsonan dan vokal melalui hafidzol. Belajar sambil bernyanyi, lebih menyenangkan bagi nya dari pada menggunakan moveable alphabet.


aktivitas syifa

Setelah asik mengenal huruf hafidzol syifa melanjutkan kegiatan membaca bersama ayah. Hari sabtu dan minggu, waktunya bersama ayah. Syifa pun memilih buku yang ingin dibacakan dan tak ketinggalan adik gibran yang ingin akut membaca bersama.

Happy reading kiddos, saatnya ummi me time!


#Harike-11
#Tantangan10hari
#Gamelevel5
#Menstimulusanaksukamembaca
#KuliahBunsayIIP

Comments

Popular Posts