Menstimulus Anak Suka Membaca Dengan 10 Menit Bercerita

Bismillahirahmanirahim,

Pop up book karangan Hafez Achda dengan judul "Laut Rumah ku" menjadi buku pilihan syifa yang akan dibacakan hari ini. Kegiatan "10 menit bercerita" kami mulai setiap harinya pukul 09.00 setelah syifa melakukan aktivitas mandi dan sarapan. Buku yang memiliki 10 halaman ini, memiliki daya tarik tersediri bagi syifa. Selain colorful, buku ini sangat sesuai dengan usia syifa dengan tulisan yang lebih sedikit dibandingkan dengan gambar dan gambar dimensi.

"Mi, ayo kita baca buku ini", sambil membuka halaman pertama buku Laut Rumah ku. Halaman buku ini berceritakan tentang ikan pari yang memiliki tubuh seperti layang-layang serta ekor yang  berancun. Selama saya bercerita tentang ikan pari, kakak meniru kan gaya ikan pari yang seperti layang-layang terbang. Dari ikan pari, lanjut ke halaman ke dua. Di halaman kedua, saya meminta kakak untuk menebak hewan laut berikutnya. "Ini kepitingg", teriaknya. "Kepiting yang suka mencapit ini ya mi", ucapnya. "Yes, kakak benar ini adalah hewan kepiting. Kepiting yang mempunyai capit yang tajam dapat melukai kita jika berada didekatnya. Namun jika dimasak, kepiting sangat lah lezat". "Wah aku ingin mencoba makan kepiting mi". "Baiklah, nanti kalau dipasar ada yang jual kepiting akan ummi masakin buat kakak ya".

"Kalau ini hewan apa kak? yang selalu membawa rumahnya" tanya ku sambil membuka halaman berikutnya. "Kura-kura", jawabnya dengan tegas. "Tempurung ini rumahnya kura-kura ya mi", tanyanya kembali. Dengan improvivasi saya menceritakan tentang kura-kurang dan rumahnya. Kakak yang mendengar cerita kura-kura sangat excited. Lalu, saya melajutkan halaman berikutnya. Dimana halaman ini menceritakan tentang kerang. Saya meminta kakak membuka tutup kerang, kemudian meminta kakak untuk mencari dimana letak mutiara sambil saya bercerita tentang kerang. Setelah bercerita tentang kerang. Saya stop bercerita untuk melihat respon dari kakak, apakah masih ingin dibacakan buku atau tidak. Ternyata, kakak masih semangat untuk dibacakan buku. Kemudian, saya melanjutkan halaman berikutnya tentang gurita dan duda lalu. Interaksi tanya jawab saya lakukan agar membaca buku menyenangkan bagi kakak syifa hingga halaman terakhir buku laut rumah ku.

Pop up book Laut Rumah ku



Happy reading kiddos.

#Harike1

#Tantangan10hari

#Gamelevel5

#Menstimulasianaksukamembaca

#KuliahBunsayIIP


Comments

Popular Posts