Pengenalan Huruf Abjad A sampai dengan Z

Bismillahirahmanirahim,

Alhamdulillah, si kakak hari ini sudah mulai sembuh dan mau makan lagi dengan lahap. Walaupun masih diare, syifa sudah tampak ceria lagi. Kegiatan bermain sudah kami mulai kembali, seperti hari ini syifa ingin menyusun dan mencocokan puzzle huruf abjad yang ada di mainan kayu. Aktivitas hari ini kami mulai dengan bernyanyi huruf abjad A,B,C,D,E,F, G dst dengan irama lagu yang kami ciptakan sendiri serta lagu upin ipin A,B,C,D ikut kami nyanyikan.

Pada aktivas belajar sambil bernyanyi, syifa lebih cepat memahami dibandingkan jikalau saya menunjuk salah satu huruf yang ada di puzzle. Salah satu contohnya adalah ketika saya menunjuk salah satu huruf "S" dan meminta syifa menebak huruf tersebut. Ternyata jawaban dari syifa adalah huruf "O". "Huruf O?", saya tersenyum lebar mendengar jawaban syifa. Kemudian, syifa balik nanya ke saya "Huruf O ya mi?" tanyanya. Bukan kak, ini huruf "S", huruf S seperti awalan dari nama syifa. "Oo gitu", jawabnya. "Kalau huruf O, Orang hutan dong mi" katanya. "Yaaa, bisa kak". Hmmm huruf "U" yang mana ya mi? tanyanya. "Ini kak", sambil menunjuk huruf abjad U. "U" adalah ummi, ucapnya kembali.

Setelah bermain tebak-tebakan, aktivitas lain yang saya coba adalah menyusun kembali puzzle huruf abjad dengan cara membalikan dan melepaskan huruf abjad dari alas kayu. Kemudian syifa menyusun kembali huruf-huruf yang sudah dilepas dari alas kayu. Walaupun dalam menyusun puzzle tidak berurutan namun aktivitas ini adalah akvitas yang sangat disukai oleh syifa, selain menggunakan tangan sebagai media untuk menyusun ada aktivitas gerak tubuh lainnya.

Aktivitas pengenalan huruf abjad
Tabel pengamatan gaya belajar anak hari ke-3

Dari tabel pengamatan dapat dilihat bahwa gaya belajar visual syifa tidak terlihat dengan kegiatan melihat huruf abjad A sampai dengan Z dan mencocokan huruf abjad secara berurutan. Sementara itu gaya belajar auditori dan kinestetik syifa muncul, dapat mengahapal huruf abjad A sampai dengan Z dengan cara bernyanyi dan menyusun puzzle A sampai dengan Z menggunakan tangan. 


#Harike3
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Comments

Popular Posts