Menjadi Kelinci

Bismillahirahmanirahim,


Semakin hari, semakin penasaran dengan gaya belajar syifa. Apakah gaya belajar syifa dominan kinestetik, auditori atau visual. Dari beberapa kegiatan yang sudah di lakukan oleh syifa, gaya belajar syifa cendrung kinestetik. Gaya belajar kinestetik selalu ada di dalam checklist tabel pengamatan gaya belajar anak. Lalu, apakah cukup sampai disini saya melakukan pengamatan? Jawabnya tidak. Jalan masih sangatlah panjang, masih cukup dini untuk mengambil kesimpulan. Tugas saya sekarang hanya menfasilitasi kakak syifa, hingga usianya 7 tahun baru saya dapat mengambil kesimpulan tentang gaya belajar syifa. 

Aktivitas syifa hari ini adalah ingin menjadi kelinci. Dengan muka yang di coret-coret syifa melompat kesana dan kemari layaknya seperti kelinci mencari wortel makanan sebagai makanan kesukaannya. "Apa aku sudah mirip dengan kelinci mi?" tanyanya sambil melompat-lompat. "Sudah kak, O iya kakak syifa melihat dari mana kelinci melopat-lompat seperti itu? ". "Lihat dari kelinci yang dulu kita pernah perlihara mi", jawabnya. Oh, rupanya kakak masih mengingat 3 bulan yang kita sempat melihara kelinci dirumah, lalu kelincinya mati karena masuk kedalam kolam ikan.  Kemudian sambil melompat-lompat, kakak syifa berhitung angka 1 sampai 10, kemudian dilanjut dengan one, two, three, ... ten. MasyaAllah Tabarakallah nak.


Menjadi Kelinci

Setelah menjadi kelinci, aktivitas selanjutnya adalah "Meronce dan Menyusun Geometri". Sebelum meronce saya memberi intruksi satu kali kepada syifa. Alhamdulillah kakak syifa langsung mengerti dan membuat gelang berwana-warni tanpa bantuan saya. "Yeayy gelang syifa sudah jadi mi", katanya. "Wah, baguss ya kak gelangnya" ucap saya. "Mi, sebentar lagi kan hari ibu. Syifa mau buatin gelang untuk ummi ya". "Iya kak, terimakasih ya nak". Lima menit kemudian, syifa memberi gelang yang ia buat kepada saya. Saya langsung memeluk dan mengucapkan terimakasih ya nak. Mamak terharu di buatkan gelang oleh syifa. Dari aktivitas meronce dapat dilihat gaya belajar syifa visual dan kinestetik. 

  
Aktivitas syifa : membuat gelang

Dari meronce lanjut ke merantai geometri, berhubung kakak syifa sudah tau bentuk-bentuk seperti segitiga, lingkaran, kotak, love, dan bintang. Saya tidak menjelaskan lagi bentuk-bentuk geometri. Saya langsung meminta syifa merantai dari bentuk-bentuk ini, tentunya dengan memberi contoh 1 kali kepada syifa. Alhamdulillah satu kali penjelasan kakak syifa dapat merantai hingga panjang. Dengan demikian gaya belajar syifa sama seperti kegiatan meronce yaitu visual dan kinestetik.


Aktivitas merantai geometri




#Harike8
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#GayaBelajarAnak

#KuliahBunsayIIP


Comments

Popular Posts