Belajar Sholat Yuk!

Bismillahirahmanirahim,


"Mi, syifa mau ikut sholat", kata kakak syifa yang berdiri di depan pintu kamar mandi dan menunggu saya selesai berwudhu. "Yuk kak, sholat bareng ummi". kataku. Sementara syifa berwudhu, aku mempersiapkan mukenah dan sajadah. "Mukenah, syifa mana ummi? aku ingin memakainya sendiri,"   tanya nya dengan baju basah semua karena berwudhu. "Mukenah syifa ada di tumpukan sarung dan sajadah ayah kak". Sebelum memakai mukenah, bajunya diganti dulu ya. "Oke mi," bergegas menuju lemari pakaiannya. Setelah siap kami pun melaksanakan sholat berjamaah. Selama sholat, Alhamdulillah gerakan sholat kakak sudah sama seperti gerakan sholat ku dan yang ada dibuku sholat. Hanya saja, bacaan sholat yang belum sempurna seperti bacaan Ruku', i'tidal, sujud dan bacaan salam  yang terdengar seperti suara orang yang berbisik-bisik. Alfatihah dan Surat-surat pendek alhamdulillah sudah bisa mengikuti, walaupun suara syifa lebih besar dari pada saya. 

Perlahan tapi pasti insyaAllah sholat syifa akan sempurna ya kak. Setelah sholat aku mengajak syifa untuk membaca kembali buku yang bergambar gerakan sholat. "Syifa sholatnya gini kok mi", katanya sambil menunjuk buku sholat dengan jari. "iya kak, sudah betul gerakan sholatnya, hanya saja bacaan ketika gerakan ruku' kakak seperti berbisik-bisik. "Iya mi, syifa kan melihat ummi mulutnya komat kamit gitu", ucapnya. Aku tersenyum lebar, subhanallah nak. Dalam hatiku  berkata "children see, children do" rupanya kakak mencontoh ummi ya kak. "Iya", sambil membolak balik gambar gerakan sholat. Yuk, kita belajar lagi bacaan ruku', i'tidal dll. "Nanti ya mi, syifa mau main mesin cuci baju dulu". "Oke kak, baiklah.


Aktivitas membaca buku sholat

Tabel pengamatan gaya belajar anak

Dengan melihat gerakan sholat ayah ummi dan langsung praktek sholat menunjukkan bahwa gaya belajar syifa yang muncul adalah visual dan kinestetik. Untuk bacaan yang panjang-panjang masih mengalami kesulitan. 

#Harike4
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP




Comments

Popular Posts