Mengenal Lebih Jauh Tata Surya

Bismillahirahmanirahim,

Dari usianya 3 tahun, syifa sudah menunjukkan ketertarikan dengan Benda-benda luar angkasa seperti Planet, Galaksi, Bintang, Nebula dll. Pertama kali dikenalkan dengan Benda-benda luar angkasa di Planetarium Jakarta, syifa sangat excited  sampai-sampai kami berada di Planetarium Jakarta cukup lama karena syifa tidak mau pulang. Saat itu syifa sangat ingin melihat pertunjukan yang ada di Planetarium, pertunjukan benda-benda luar angkasa. Karena kehabisan tiket kami tidak bisa masuk melihat pertunjukkan dan hanya membeli buku luar angkasa. Kami tidak menyerah  begitu saja, minggu depannya kami mengajak syifa untuk ke Planetarium lagi. Dan lagi-lagi belum rezekinya syifa untuk melihat langsung Tata surya, kami kebahisan tiket. Padalah dari rumah kami berangkat jam 7 pagi.  Dengan raut muka kakak yang sedih, kami mengajak syifa ke museum yang berada di area planetarium. Disini kami bisa melihat planet-planet 3 dimensi, kemudian Matahari, Galaksi, Miniatur bulan dll. Walaupun tidak bisa masuk melihat pertunjukan, dengan masuk ke museum ini dapat mengobati rasa penasaran syifa.


Museum planetarium (tahun 2017)

Pagi ini, kakak syifa kembali ingin mengenal lebih jauh tentang Tata Surya. Syifa mengambil buku "Antariksa Pedia" yang terletak di rak bukunya. Syifa mengajak saya untuk membaca buku, kemudian saya mengambil roket yang sudah pernah kami buat sebelumnya. Kami berimajinasi seolah berada di dalam pesawat luar angkasa dan siap untuk meluncur ke luar angkasa. Dari bumi kemudian meluncur ke planet terbesar yaitu Jupiter, lalu kami ke planet cincin Saturnus, ke planet terkecil yaitu pluto kemudian keplanet merah yaitu Mars dan kembali lagi ke Bumi. Setelah sampai di bumi, saya meminta syifa untuk menjelaskan kembali perjalanan roket kami. Syifa menujuk dengan jari munggilnya bahwa ia telah ke planet Jupiter planet terbesar kemudian saturnus. Ketika saya menunjuk planet Mars dan pluto syifa lupa dengan nama planetnya. Lalu saat saya menunjuk gambar bumi, dan meminta syifa untuk menjelaskan, syifa dapat menjelaskan . "Ini Bumi ummi, tempat kita tinggal. Terus tempat tinggal oma, yai dan syifa alhier yaitu Bumi", katanya. 


Aktivitas membaca buku

Setelah membaca buku, saya mencoba menjelaskan tata surya dengan cara yang berbeda. Dengan media lain seperti laptop, menonton animasi tata surya. Kemudian syifa mencocokan nama planet dengan yang ada dibuku. Ketika menonton animasi tata surya, syifa sangat senang. Hal ini dikarenakan, animasi yang lucu dan juga lagu planet  "kami planet besar dan bulat, lihatlah kami berputar.... ." begitulah lirik lagunya. Dari kegiatan hari ini, gaya belajar syifa dominan pada ketiganya yaitu kinestetik, audio dan visual.

Aktivitas mengenal tata surya dengan media laptop




Tabel pengamatan gaya belajar


#Harike7
#Tantangan10hari
#Gamelevel4

#GayaBelajarAnak

#KuliahBunsayIIP









Comments

Popular Posts