Mengenal Gaya Belajar Anak

Bismillahirahmanirahim,

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda ada yang visual, kinestetik, dan auditori. Untuk menemukan gaya belajar anak dibutuhkan pengamatan yang lebih detail, agar kita sebagai orang tua dapat mengetahui dan memaksimalkan kecerdasan anak yang dimiliki. Pada usia anak 0 sampai 7 tahun gaya belajar anak masih belum terlihat jelas, terkadang yang tampak hanya visual kinestetik, auditori saja atau gabungan dari ketiga gaya belajar (visual, kinesterik, auditori). 

Alhamdulillah atas izin Allah di usia syifa 4 tahun saya diberi kesempatan untuk belajar dan terus belajar mencari ilmu. Dengan ilmu yang telah saya miliki saya dapat mengamati gaya belajar syifa. Sehingga ketika usia syifa 7 tahun, syifa sudah tau gaya belajar seperti apa yang tepat untuknya. 

Hari ini, kami memulai kegiatan dengan membaca buku "Kereta-kereta raksasa". Kegiatan membaca buku setiap harinya adalah salah satu kegiatan kesukaan syifa, karena syifa sudah di kenalkan dengan buku pada saat usia nya 7 bulan. 


Aktivitas membaca buku "Kereta-kereta raksasa"


Selama kegiatan membaca buku, saya mulai mengamati satu persatu gaya belajar syifa. Dimulai dari visual, halaman pertama buku yang syifa buka, mata syifa langsung tertuju pada kereta yang berwarna biru. Kemudian syifa mengamati bentuk kereta yang raksasa dan menunjuk gambar kereta raksasa tersebut. Lalu syifa terus membuka lembar demi lembar halaman buku kereta raksasa dan sesekali meminta saya untuk menjelaskan nama keretanya yang ada di buku dan menceritakan ke saya isi dari buku ini.  Setelah saya menjelaskan, saya meminta syifa untuk mengulang isi buku ini dan menceritakan ke adik giibran. Alhamdulillah kakak syifa mau kembali mencerikan ke adik gibran.

Pengamatan ini saya tuangkan lewat tabel untuk melihat progress gaya belajar syifa 10 hari kedepan. 

Tabel pengamatan gaya belajar anak


Ciri-ciri gaya belajar visual adalah mengingat yang dilihat daripada yang didengar, pembaca cepat dan tekun, tidak mudah terganggu oleh keributan, lebih menyukai musik, seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan tapi tidak pandai memilih kata-kata.

Ciri-ciri gaya belajar auditori adalah mudah tergangu oleh keributan, belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusi , berbicara dengan dalam irama dan pola.

Ciri-ciri gaya belajar kinestetik adalah menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca, menggunakan jari-jari menunjuk ketika membaca, menyukai permainan yang menyibukan, menghafal dengan cara melihat dan berjalan.


#Harike1
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP


Comments

Popular Posts