Semua Anak Adalah Bintang

Bismillahirahmanirahim,

Alhamdulillah hari ini syifa sudah sehat, sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Pagi tadi sebelum ayah memandikan adik dan berangkat kerja, syifa meminta jalan-jalan pagi bersama ayah dan adik gibran. Setelah jalan-jalan pagi syifa mengajak ayah untuk bermain badminton di depan rumah. Aktivitas ini berlangsung selama 30 menit.  Karena syifa sangat menyukai bermain badminton, ketika ayah ingin menyudahi permainan syifa berusaha untuk mengulur-ngulur waktu sampai akhirnya 5 menit berlalu.  Setelah bermain badminton, seperti biasa syifa mandi dan sarapan pagi. Kemudian dilanjut dengan menonton film Nusa yang ada di tv. Kumpulan lagu-lagu Nusa membuat syifa bernyanyi sambil mengikuti gaya Nusa dan Rara. Tepat pukul 07.30 syifa mengakhiri waktu nontonya. Saya pun bertanya kepada syifa "Kok tv nya dimatikan kak?". "Kan waktu nontonnya sudah selesai mi."  jawabnya. MasyaAllah kak, tanpa diminta syifa mematikan tv. Dirumah kami, waktu menonton tv saat pagi dan sore.

Aktivitas syifa selanjutnya adalah menggambar dan mewarnai. Syifa mengambil kertas, pensil warna yang ada di laci kemudian ia menggambar rumah dan awan. 1 menit pertama ketika syifa mengambar syifa membenarkan kursi yang ia duduki. 3 menit kemudian syifa memainkan pensil warnanya. 10 menit berlalu rumah dan awan selesai ia gambar, lalu ia bertanya "bagus gak mi gambar syifa". "Bagus kak, good job!". Setelah menggambar rumah dan awan, syifa meninggalkan kertas gambarnya. Syifa mengambil salah satu kumpulan buku ku yang berjudul "Teman main kirana" dirak buku ku dan membukanya. Lembar demi lembar ia buka, sampai pada halaman kirana menggambar bunga dan matahari. "Aku mau buat bunga dan matahari juga ah di gambarku," cetusnya. Lalu syifa pun menggambar dikertas putihnya. Lagi-lagi syifa menunjukan hasil karya nya kepada ku "Lihat gambar syifa ummi, bagus gak? Syifa tempel di dinding kamar ya mi." "Iya kak boleh, gambarnya bagus ?". "Yeay yeay, makasi ummi."



Gambar Rumah, awan, matahari, bunga sudah tertempel di dinding kamar. Syifa kembali mengambil 2 lembar kertas A4, kuas dan cat warna. "Hmmm, syifa mau bikin apalagi ya? Aha, syifa mau nulis ah." Aku pun penasaran "Syifa mau bikin kak?" tanya ku. "Ada deh, rahasia mi." "Wah, bikin apa tuh kak?".  Kemudian, syifa menulis huruf "S I O P B." MasyaAllah kak sudah bisa nulis huruf "S I O P B ya, kita belajar huruf lagi yuk pakai sandpaper." ajak ku. "Ga usah mi, syifa mau main yang lain sama adik." jawabnya. "Oke kak". Aktivitas menulis huruf ini berlangsung selama 2 menit. 

                                    


"Ummi, syifa mau main playdoh boleh gak?". "Boleh kak." Dengan senang syifa mengambil playdoh  yang ada di atas meja, lalu membentuk playdoh menjadi buah durian, es krim, ikan, pizza , kupu-kupu dan kue eskrim. Ketika syifa membentuk kue eskrim, ia menawarkan kepada saya " Bu, mau beli kue eskrim gak?" ucapnya. "Harganya berapa bu?" tanyaku. "2000 aja bu." katanya. "Oke, aku beli 1 ya."Mi, cobain ya kuenya "Enak ga rasanya?". "Enak sekali ini kue eskrimnya. Dibuat dari apa bu?" tanya ku kembali. "Pakai tepung, gula, susu, keju, garam terus di cetak-cetak". "Oo, begitu cara buatnya. Saya pesan 4 lagi ya." "Oke". Syifa membuat kue eskrim menjadi 4. " Ini kue eskrimnya bu, 1 2 3 4" sambil menghitung. "Makasi ya bu, ini uangnya." "Sama-sama". Aktivitas bermain playdogh berlangsung selam 45 menit. 



Setelah, puas bermain playdoh syifa membereskan mainannya dan dikembalikan ke tempat semula. Kemudian bermain trampolin dan lempar sampai pukul 1 siang. "Kak, makan yuk isi tenaga dulu baru main lagi." "Sebentar ummi, masih mau main." ucapnya. " Baiklah kak". Setelah 30 menit syifa pun minta makan dan dilanjut dengan tidur siang. 

MasyaAllah, mengikuti aktivitas mu hari ini bikin ummi jatuh cinta dan pengen mengenal bakat mu lebih jauh nak dan ingin membuatnya menjadi tabel berdasarkan pandu 45 

Hasil Observer Hari ini


Nama : Humaira Asy Syifa Wibowo (4 tahun 4 bulan)


Kegiatan berkaitan dgn sifat dan peran
BB
MB
BSH
BSB
Ket

1. Berjualan 


ok

Menjual produk dengan berbagai cara agar org mau membeli

2. Mengkomunikasikan


ok

Menyampaikan informasi yang mudah dimengerti

3. Mencipta



ok
Menggunakan imajinasi untuk membuat buah durian, kupu-kupu, ikan, eskrim, kue eskrim dll.

4. Merancang


ok

Membuat durian, kupu-kupu, ikan, kue eskrim dari playdoh, 

5. Aktivitas Hitung



ok
Aktivitas menghitung jumlah kue yang debut

6. Melayani


ok

Melayani dengan baik

Kegiatan berkaitan dgn panca indra
BB
MB
BSH
BSB
Ket

1. Seni lukis


ok

Menggambar awan, rumah, matahari,bunga dan dirinya. 

2. Menyanyi



ok
Bernyanyi didepan rumah yang banyak orangnya.

3. Menari



ok
Mengikuti gerakan tubuh yang indah.

4. Keterampilan tangan 


ok

Pekerjaan dimana membutuhkan keterampilan tangan

5. Berolahraga


6. Keterampilan Fisik



ok


ok
Melakukan kegiatan olahraga yang disukai

Mengoperasikan peralatan




Bahasa Bakat (Potensi Kekuatan Anak)




Bahasa Bakat

1. Anak memiliki stamina yang tinge, tidak pernah capek, selalu bekerja keras. Aktif dan selalu mengerjakan apa saja




Achiever
iya






2. Anak mudah menyampaikan idenya, pikirannya dengan cara mudah dipahami orang lain




Communication
iya
3. Anak suka membandingkan kinerja dirinya dengan orang lain




Competition
iya
4. Anak sangat suka belajar hal baru




Learner
Iya
5. Anak suka otak-atik




Restorative
iya
6. Anak selalu memiliki ide-ide baru




Harmony
iya
7. Anak senang berkumpul




Includer
Iya
8. Anak tidak menyukai konflik




Harmony
Iya

Keterangan : BB : Belum Berkembang
                      BSH : Berkembang sesuai harapan
                      BSB : Berkembang sangat baik
                      MB : Mulai berkembang

#Harike-1
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga






Comments

Popular Posts