Mengenal Anak dengan beraktivitas bareng
Bismillahirahmanirahim,
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
"Assalamualaikum, syifa pulang." ucapnya dari balik pintu rumah.
"Waalaikumsalam kak, dari mana tadi." tanya ku.
"Syifa habis main sepeda sama nissa mi. Terus syifa tadi lomba sepeda sama nisa. Kenapa ya mi, nisa terus ya menang?" ucapnya.
Setiap pagi dan sore, selain senang bermain badminton syifa senang sekali bermain sepeda bersama teman-temannya. Ketika pulang kerumah ada saja celotehnya, seperti tadi pagi ia bercerita bahwa setiap bermain sepeda selalu kalah dari nissa. Aku pun berusah untuk menjelaskan tentang menang dan kalah secara simple.
"Kak kalau ada siang ada malam berarti ada menang dan ada kalah juga. Bisa jadi kakak kalah bermain sepeda sekarang, besok karena kakak giat berlatih kakak bisa menang. Terus semangat ya kak."
"Besok syifa mau latihan terus ya. Supaya syifa bisa menang." ucapnya dengan semangat.
"Iya kak semangat untuk berlatih terus. Sekarang mandi dulu yuk, setelah itu kita bersiap untuk beraktivitas." ajak ku.
Kami memulai aktivitas pagi ini dengan do'a supaya segala aktivitas kami hari ini dipermudah oleh Allah. Selesai ber do'a, seperti biasanya printabel yang sudah saya siapkan dipilih oleh syifa untuk diwarnai. Tema aktivitas hari ini adalah mengenal asmaul husna.
"Kak, mau warnai Ar Rahman atau mau dijelaskan?" tanyaku.
"Mau diwarnai mi." jawabnya.
Syifa mewarnai, saya menjelaskan nama-nama Allah dimulai dari Ar Rahmaan yang maha pemurah. Setelah selesai, syifa tidak ingin melanjutkan mewarnai Ar Rahimi dan ingin melanjutkan aktivitas yang lain.
Aktivitas selanjutnya adalah Melengkapi pola. Tujuan bermain ini adalah mengenalkan konsep AB-AB lalu menempelnya. Syifa melakukan kegiatan ini dengan excited.
Dengan bermain bersama, aktivitas bersama dan ngobrol bersama semoga ummi bisa semakin paham bakat syifa ya.
Kegiatan | Alat & Bahan (dan bahan alternatif) | Tahap persiapan | Tujuan kegiatan | Tingkat Keberhasilan | Aspek Pengembangan |
Pengantar logis matematis |
Kerns origami dengan warna yang berbeda |
Memperkenalkan pola AB-AB kepada anak agar anak dapat ikut menempel seperti pola tersebut | Syifa mengenal pola AB-AB | Syifa tertarik utnuk ikut menirukan pola | kognitif, motorik halus, koordinasi mata dan tangan |
Aqidah akhlaq |
Printable Asmaul husna |
Menjelaskan nama-nama Allah Ar Rahmaan yang maha penyayang
|
Mewarnai tulisan Ar Rahmaan dan Mengikuti ucapannya | Syifa tertarik untuk mewarnai dan ikut mengucapkan | Bahasa, audio |
#Hari ke-8
#Tantangan10Hari
#Level7#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
Comments
Post a Comment