Handphone Buatan Ku...
Bismillahirahmanirahim,
Hari ini rencananya, saya ingin mengajak syifa bermain "Menjadi presenter televisi". Sebelum bermain menjadi presenter, seharusnya kami membuat televisi. Namun kenyataannya ketika saya bersih-bersih rumah, syifa sudah menggunakan sytyrofoam dan membuat handphone. "Ummi lihat ini handphone syifa." ucapnya sambil menunjukan styrofoam. "Hmm, handphone apa ini kak?" tanya ku. "Handphone kayak punya ummi." jawabnya. Kemudian, ia menunjukan handphone kepada ayahnya. "Yah, ini handphone syifa gede kan. Kita main yuk yah." Ajaknya. Kemudian, syifa dan ayah bermain handphone yang diciptakan syifa. Mereka berimajinasi layaknya seperti handphone betulan. "Yah, ayo kita photo adik terus kita video call sama adik." katanya. Adik yang belum mengerti apa-apa hanya ikut tersenyum. Aktivitas ini membuat syifa senang dan berlangsung selama 1 jam lebih.
Belum puas dengan handphone styrofoamnya, syifa ingin membuat handphone yang lain. Kemudian syifa mengajak ayah untuk membuat handphone lainnya. Lalu syifa dan ayah merancang handphone yang diberi nama "Syifa phone". Setelah, handphone kedua jadi syifa menunjukan kepada saya. "Lihat mi, handphone syifa sekarang ada dua. Bagus gak ini handphonenya?" tanya. "Wow, bagus sekali ini." jawabku. Kemudian, ia melanjutkan bermain bersama adik dan ayah. Waktu bermain handphone mereka habiskan ber jam-jam.
MasyaAllah kak, imajinasi dan ide mu semoga terus berkembang ya dan suatu saat bisa benar-benar menciptakan produk baru yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Aamiin.
Membuat handphone tidak menghabiskan energi syifa, aktivitas selanjutnya adalah bermain fuzzle. Setelah selesai menyusun fuzzle, ia kembali keativitas lainnya.
Aktivitas keseharian syifa, saya coba buat ke dalam tabel dan berdasarkan e-book Pandu 45:
Hasil Observer Hari ini
|
||||||
Nama : Humaira Asy Syifa Wibowo (4 tahun 4 bulan)
|
||||||
Kegiatan berkaitan dgn sifat dan peran |
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Ket
|
|
1.Merancang |
ok
|
Membuat handphone dari styrofoam kemudian membuatnya menjadi bentuk sebenarnya. | ||||
2.Mencipta |
ok
|
Menggunakan imajinasi untuk menemukan sesuatu seperti handphone berukuran besar) | ||||
Kegiatan berkaitan dgn panca indra |
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Ket
|
|
1. Keterampilan tangan |
ok
|
Memotong kardus untuk membuat handphone | ||||
Bahasa Bakat (Potensi Kekuatan Anak) |
Bahasa Bakat
|
|||||
1. Anak sangat suka belajar hal baru |
Learner
|
iya
|
||||
2. Anak suka menyampaikan ide nya, pikirannya dengan cara yang mudah dipahami orang lain |
Communication
|
Iya
|
||||
3. Anak sangat suka belajar hal baru |
Learner
|
Iya
|
||||
4. Anak selalu memiliki ide-ide baru |
Ideation
|
iya
|
Keterangan : BB : Belum Berkembang
BSH : Berkembang sesuai harapan
BSB : Berkembang sangat baik
MB : Mulai berkembang
Comments
Post a Comment