Menghargai Pilihan Anak

Bismillahirahmanirahim,

Pagi ini, list aktivitas syifa dan printable telah siap. Rencananya, aktivitas syifa dimulai dengan menanam bunga matahari. Namun, keinginan untuk mengajak syifa menanam bunga matahari tidak terlaksana dikarenakan syifa lebih memilih aktivitas lain. 

"Kak, kita tanam bunga matahari lagi yuk." ajak ku.
"Bunga yang kemarin kita tanam aja belum tumbuh mi, kok kita tanam lagi mi." ucapnya.

3 minggu yang lalu, saya dan syifa menanam bunga matahari di halaman rumah. Bunga yang kami tanam, sampai sekarang belum tumbuh. Mungkin ada kesalahan dalam menanam aku pun mencari tau. Ternyata sebelum bibit bunga matahari ditanam terlebih dahulu harus direndam. Setelah direndam barulah ditanam. Karena tidak kunjung tumbuh, syifa tidak mau menanam bunga matahari lagi. 

"Oke kak, kalau tidak mau menanam bibit bunga matahari kakak mau main apa nih?" tanyaku.
"Syifa mau main salon-salonan ummi. Ummi jadi pelanggan, syifa yang potong rambut ummi ya."
"Oke. Ummi sudah siap nih kak."

Setelah 30 menit main salon-salonan. Syifa mengajak bermain yang lain yaitu lempar bola. 

"Mi, kita main lempar bola yuk." ajaknya.
"Ayoo kak, ambilah bola nya." ucapku.

Kemudian, syifa mengambil bola lalu kami bermain bola selama 20 menit. Printable yang telah aku siapkan, ku taruh diatas meja. Setelah bermain bola, ia melirik kertas yang ada di atas meja. 

"Mi, syifa mau warnai ini ya." ucapnya sambil mengambil kertas yang bertuliskan Allah. Aku menyiapkan beberapa pilihan kertas untuk diwarnai oleh syifa. Yang dipilih nya adalah lafadz Allah, sementara kertas-kertas lain ditinggalkannya. Lalu, ia ambil pensil yang berwana biru dan hijau.


Aktivitas syifa


"Sudah selesai mi!" teriaknya.
"Wow, good job kak. Sekarang, kita menirukan suara hewan yuk." ajak ku.
"Tapi syifa, mau yang ini dulu mi." sambil menunjuk pasangan benda.
"Oke kak."

Syifa memasangkan benda seperti kursi meja, sepatu kaos kaki, gelas sedotan dengan benar. Setelah bermain pasangan benda barulah ia mengajak ku untuk bermain menirukan suara hewan. Alhamdulillah dari 6 hewan, syifa bisa menirukan suaranya. Menghargai pilihan anak berati kita menghargai diri kita sendiri. 


Kegiatan  Alat & Bahan (dan bahan alternatif)  Tahap persiapan  Tujuan kegiatan  Tingkat Keberhasilan  Aspek Pengembangan 
Bahasa Tidak ada alat penunjang.

Memperkenalkan pada syifa bagaimana suara macam-macam hewan yang ada di sekeliling 

Syifa dapat mengetahui adanya perbedaan bunyi suara hewan dan dapat menirukannya 

Syifa tertarik untuk ikut menirukan bunyi suara hewan

Bahasa, audio
Keterampilan 

Printable pasangan benda Mempersiapkan spider dan printable yang berisi pasangan benda seperti meja, gelas, cursif, sedotan dll. Syifa dapat memasangkan benda dengan menarik garis Syifa mengenal pasangan benda-benda Motorik halus
aqidah akhlaq 

Printable Allah Menyediakan benda kesayangan syifa, contohnya boneka. Lalu mengatakan bahwa jika kamu menyayangi boneka ini maka akan dijaga dari kotoran dan dipelihara agar tidak rusak kan ya... Selanjutnya sampaikan bahwa Allah suka kalau ananda mau menyayangi saudara dan anggota keluarga lainnya yang merupakan ciptaan Allah 

Syifa bisa mengetahui Lafadz Allah

Syifa tartaric untuk mewarnai tulisan Allah
Motorik halus, Moral dan Agama

#Hari ke-7
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts