Menjadi Peternak Sapi

Bismillahirahmanirahim,

Alhamdulillah, pagi ini cuaca sangat mendukung untuk kami melakukan aktivitas dihalaman belakang rumah. Aktivitas pagi ini adalah mengenal berbagai macam profesi salah satu nya adalah Menjadi Peternak Sapi. Sebelum melakukan aktivitas ini, terlebih dahulu saya konfirmasi ke syifa apakah mau menjadi Peternak Sapi. Syifa yang sangat menyukai hal baru, sangat excited ketika saya menawarkan hal baru yang belum pernah kami lakukan. 

Sebelum melakukan aktivitas ini, terlebih dahulu saya menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti printable gambar sapi, balon, cat berwarna hitam, susu UHT dan sarung tangan yang sudah di steril kan. "Oke, are u ready kak?" ucap ku. "Ay ay ay captain." jawabnya dengan rasa gembira. "Oke, ummi kasih tau rule nya ya. Sekarang ummi punya gambar sapi, kira-kira ada yang kurang ga ya dari gambar sapi?" tanyaku. "Yang syifa tau sapi itu berwarna hitam putih, gambar sapi ummi kok cuma putih doang." jelasnya. "Yes, betul sekali. Kalau begitu syifa tambahin warna hitamnya ya kak." "Oke mi." jawabnya.




"Selesai! sekarang sapinya sudah berwarna hitam dan putih mi," ucapnya. "Good job kak, sebagai peternak sapi syifa harus memerah susu sapi nya ya," ucapku. "Oke mi, syifa sudah tak sabar untuk memerah susu sapi." 

Perlahan syifa mulai memeras susu sapi dan ketika air susu mulai keluar syifa langsung excited. "Susu sapi muncrat-muncrat mi." katanya. "Iya kak, gimana perasaannya jadi peternak sapi?" tanya ku. "Seruu mi, harus sabar ya supaya susu yang keluar banyak."


                                                  


Setelah selesai memerah susu, syifa langsung meminumnya hingga habis. "Hmm, susunya enak sekali. Besok kita main lagi ya mi, tapi gambar sapi nya lebih besar." "Alhamdulillah ya kak, yuk bersyukur. Allah telah ciptakan sapi dan kita bisa minu susunya. Semoga nanti, bisa ke pertenakan sapi betulan ya kak, lihat dan belajar bagaimana cara memerah susu sapi secara manual."


"Terus, kita main apalagi mi?" tanyanya. "Ummi sudah siapin printable angka, syifa mau bermain?". "Mauuuuu..." . MasyaAllah, doakan ummi supaya gak kehabisan ide dalam menemani keseharian syifa ya nak. Aktivitas syifa hari ini saya coba buat kedalam tabel berdasarkan ke Pandu 45 :


Kegiatan berkaitan dgn panca indra
BB
MB
BSH
BSB
Ket

1. Keterampilan tangan


ok

        Memerah susu sapi

Bahasa Bakat (Potensi Kekuatan Anak)




Bahasa Bakat

1. Anak sangat suka belajar hal baru




Learner
iya
2. Anak tidak sabar menunggu, ingin segdra bertindak




Activator
Iya
3. Mengikuti role play




Consistence
iya

Keterangan : BB : Belum Berkembang
                      BSH : Berkembang sesuai harapan
                      BSB : Berkembang sangat baik
                      MB : Mulai berkembang



#Hari ke-4
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts