Ada Salju Dirumahku...


Bismillahirahmanirahim,

Mengikuti aktivitas keseharian syifa masyaAllah ya, benar-benar bikin saya jatuh hati padanyaAda saja ide yang muncul setiap harinya. Seperti hari ini, syifa membuat salju dirumah. Ia menggunakan imajinasi untuk membuat salju dari potongan styrofoam yang sudah tidak terpakai. Kemudian, potongan dari styrofoam ia pisahkan sehingga menjadi butiran yang menyerupai salju. Setelah itu, butiran salju yang ia buat ditamburkan dari atas ke playmate seolah-olah sedang terjadi hujan salju.  Lalu syifa mengambil sarung tangan yang ada dilemari dan memakainya. "Seruu ya mi, main salju. Ummi juga pakai sarung tangan dong, di salju kan dingin" cetusnya sambil melemparkan butiran styrofoam ketas. "Baiklah kak, semoga suatu saat mimpi syifa untuk melihat salju terwujud ya. Aamiin ya Allah."




Setelah puas bermain salju, ia meletakan kembali sarung tangan ketempat semula dan membantu saya membereskan butiran styrofoam yang ada di playmate. Kemudian melanjutkan aktivitas lainnya. Aktivitas ini adalah aktivitas yang dahulu kami lakukan setiap hari, belajar huruf hijaiyah. Setiap hari di pukul 09.00 saya mengajarkan syifa huruf hijaiyah dengan flashcard. Namun aktivitas itu hanya berlangsung selama 3 minggu. Setelah 3 minggu syifa tidak mau belajar huruf hijaiyah. Oke saya pun tidak memaksakan. 

Siang ini, syifa mengambil kotak yang berisi flashcard huruf hijaiyah. Ia mengambil diatas tunpukan buku-buku. Kemudian, ia meminta saya belajar huruf hijaiyah kembali. "Mi, kita belajar ini yuk." sambil memberikan flashcard hijaiyah ke saya. "Oke kak, kita mulai yuk." Saya mengambil huruf hijaiyah secara acak, ternyata dari 14 huruf yang dulu ia hapal sekarang hanya tinggal 7 saja yang ia tau (Alif, Ba, Ta, Tsa, Ja, Kha, Ra). Saya terdiam sejenak dan melihat tangan syifa sedang menghitung jumlah huruf hijaiyah yang berhasil ia tebak. "Mi, syifa dulu tau banyak ya huruf hijaiyah, sekarang kok jadi sedikit ya?" tanyanya. "Dulu setiap hari kita belajar huruf hijaiyah kak, sekarang sudah tidak pernah lagi. Tapi gapapa kok kak, nanti kita belajar lagi ya. Mau dilanjut lagi atau udahan kak?". "Udahan mi, syifa mau main yang lain. "Oke kak. Silahkan mengeksplore yang lain ya."

Aktivitas dilanjut dengan mencoret-coret kertas, sementara itu saya membuat latihan menelusuri garis untuk syifa. "Kak, mau menelusuri garis-garis ini?" tanyaku. "Mau mi syifa. Syifa ambil spidol berwarna biru dulu ya." ucapnya. Wanna biru adalah warna kesukaannya. Setelah mengambil spidol,  ia mulai menelusuri garis-garis yang telah saya buat. "Yeay, selesai! Maaf ya mi, ada yang keluar dari garis." ucapnya. " Gapapa kak, namanya juga belajar. Nanti juga lama-lama tidak keluar garis. Mau menelusuri garis lagi?" tanyaku. "Mau, mauu." Lembaran kedua yang sudah saya siapkan, saya berikan kepada syifa. "Selesai!." katanya. "Wow, good job kak!. mau lagi kah?" tanya ku kembali. "Udahan mi, syifa ngantuk." "Oke kak."

Aktivitas syifa menelusuri garis

Bangun tidur, syifa meminta untuk jalan-jalan sore. Ketika kami sedang jalan-jalan sore, ia bertemu dengan teman-temannya. "Mi, syifa main sama temen-temen ya." "Oke kak, ummi dirumah bian ya." ucapku. 15 menit berlalu, syifa tidak terlihat bermain bersama temannya. Saya pun bertanya kepada salah satunya, tapi Hanum tidak tau keberadaannya. Dari kejauhan, terdengar teriakan yang memanggil saya, bahwa syifa menangis didepan rumah. Saya langsung menghampiri syifa. "Kak, kenapa menangis?" tanya ku. "Syifa cariin ummi. Syifa kira ummi sudah pulang." ucapnya. "Oh, ummi tadi masih dirumah Bian kak. Sudah mainnya?". "Sudah mi."

MasyaAllah Tabarakallah kak untuk hari ini. Aktivitas syifa hari ini, saya coba buat kedalam tabel berdasarkan Pandu 45:


Kegiatan berkaitan dgn sifat dan peran
BB
MB
BSH
BSB
Ket

1. Mensistensis


ok

Mengkombinasikan berbagai ide, elemen dan informasi sehingga menadi sesuatu yang baru

2. Merancang


ok

Membuat salju dari butiran styrofoam 

3. Mencipta



ok
Menggunakan imajinasi untuk membentuk salju 

4. Menganalisa


ok

Menghitung jumlah hapalan huruf hijaiyah

Kegiatan berkaitan dgn panca indra
BB
MB
BSH
BSB
Ket

1. Keterampilan tangan


ok

Memisahkan styrofoam menjadi butiran dengan kecepatan tangan

2. Kerajinan tangan


ok

Menelusuri garis-garis dengan tidak melewati batas yang ditentukan. Dibutuhkan ketelitian.

Bahasa Bakat (Potensi Kekuatan Anak)




Bahasa Bakat

1. Anak selalu memiliki ide-ide baru




Ideation
iya
2. Anak sangat suka belajar hal baru




Learner
iya
3. Anak suka menyampaikan idenya, pikirannya dengan cara yang mudah dipahami oleh orang




Belief
Iya
4. Anak suka membayangkan sesuatu yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang




Futuristic
iya

Keterangan : BB : Belum Berkembang
                      BSH : Berkembang sesuai harapan
                      BSB : Berkembang sangat baik
                      MB : Mulai berkembang


#Hari ke-3
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts