Pentingnya Aqil Baligh Secara Bersamaan

Bismillahirahmanirahim,

Secara bahasa Aqil dapat diartikan dengan orang yang berakal, Baligh artinya sampai. Aqil Baligh adalah seseorang yang telah sampai pada masa baligh dan memiliki akal sehat. Jadi, saat anak menjadi Aqil (berakal, bisa membedakan baik dan buruk) dan Baligh (usia telah sampai dimana tanggung jawab syariat sudah dibebankan "Mukallaf" ia sudah siap dengan kewajiban ibadah dan muamalah. 

Ada pun tanda-tanda Aqil baligh, sebagai berikut :
  1. Khusus untuk anak perempuan, apabila ia telah berumur 9 tahun dan telah mengalami haid, maka ia sudah dikatakan baligh. Sedangkan apabila anak perempuan tersebut mengalami haid sebelum umur 9 tahun, maka ia belum dikatakan baligh.
  2. Untuk anak laki-laki, apabila ia telah mencapai umur 9 tahun dan mengalami mimpi basah, maka ia dianggap telah baligh. Dan apabila ia mengalami minpi basah tersebut sebelum usia 9 tahun maka belum bisa dikatakan sebagai baligh.
  3. Untuk anak laki-laki maupun perempuan, apabila ia telah mencapai umur 15 tahun, meskipun tidak atau belum mengalami hal-hal diatas, maka secara otomatis ia telah dianggap baligh
Fase perubahan manusia Islam (Agil Baligh) :
  • Pra latih : 0-6 tahun : 0-2 tahun anak-anak didekatkan dengan ibu (menyusui), usia 3-6 tahun anak harus didekatkan dengan kedua orang tua, sosok ibu dan ayah harus hadir agar anak memiliki keseimbangan emosional dan rasional.
  • Pre Aqil Baligh : 7-14 tahun : Fase pendidikan pre aqil baligh usia 8-10 tahun merupakan masa kritis dimana anak akan mengalami transisi dari massa egosentris di usia < 7tahun kepada kesadaran awal sebagai makhluk Tuhan & makhluk sosial. Tahap ini merupakan tahap latihan & pembiasaan dengan cara keteladanan dan membangun kesadaran.
  • Post Aqil Baligh : >15 tahun : Masa AqilBaligh. Pada perkembangan ini, Baligh sudah dibarengi dengan AQIL yaitu pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol (pemikiran semakin logis, abstrak dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu diluar keluarga. 
Aqil Baligh harus tumbuh secara bersamaan, Mengapa? karena kita mengantarkan anak-anak kita mencapai akil baligh secara bersamaan saat itu pula kita sedang menyiapkan calon ayah/ibu untuk cucu kita. Kehidupan anak cucu tergantung bagaimana kita sebagai orang tua mengantarkan anak-anak menuju Akil Balighnya. 

Akibat yang terjadi jika Baligh sebelum Aqil : 
  1. Presentasi anak tamil dibawah umur dan diluar pernikahan
  2. Peningkatan anger perceraian
  3. Penyimpangan seksual 
  4. Munculnya generasi bullying
  5. Presentasi mahasiswa salah jurusan karena tidak mampu merumuskan visi misi hidupnya.
Sumber :
https://m.saliha.id/love/article/12002270418-201017-inilah-tahapan-mengajarkan-pendidikan-seksualitas-pada-anak
Slide presentasi kelompok 5
Buku FBE versi 3.5 halaman 200

#Tantangan10hari
#KuliahBunsaiIIP
#Level11
#FitrahSeksualitas





Comments

Popular Posts