My Family Project : Semangat Berbagi (Semanggi)

Bismillahirahmanirahim,


"Semoga syifa menjadi anak yang sholehah dan senang berbagi." Inilah salah satu doa saya sebelum memulai aktivitas hari ini. Kemarin syifa sudah saya sounding bahwa besok kita akan sortir pakaian syifa yang sudah kecil untuk dikasih ke salah satu bapak yang bersih-bersih taman. Syifa pun bertanya kepada saya "kenapa baju nya dikasih ke orang? Bapak itu tidak ada uang untuk membeli baju anaknya mi?". Saya pun perlahan menjelaskan dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh syifa. Bahwa tidak semua anak seberuntung syifa, memiliki orang tua yang bisa membelikan baju baru untuk syifa. Bapak taman (panggilan kami untuk orang yang bersih-bersih) punya uang akan tetapi uangnya untuk susu, beras, sayur , dan keperluan lainnya. Baju syifa juga sudah kecil tidak muat lagi untuk dipakai jadi alangkah baiknya kita berikan kepada yang membutuhkan ya kak. "Tidak apa-apa mi, kasih saja baju syifa tapi nanti aku minta dibeliin baju baru lagi ya", ungkapnya. 

Pagi ini, saya deg-deg an takut syifa berubah pikiran dan tidak mau memberikan bajunya. Namun, ke khawtiran saya salah. Ketika saya mengajak kakak syifa untuk sortir pakaian, kakak syifa langsung bersemangat. "Ayo kak, kita pilih baju kakak yang sudah tidak muat kemudian kita lipat dan ditaruh ditempat ini ya", ajak saya sambil membawa wadah untuk pakaian. Saya mengeluarkan semua baju-baju syifa, kemudian syifa pilih baju-baju yang sudah kecil. Tak jarang syifa mencoba kembali baju yang akan di sortir untuk memastikan bahwa baju yang akan di berikan sudah tidak muat. 

Tangan mungilnya mencoba melipat pakaian, walaupun lipatannya tidak rapi. Lalu baju-baju yang sudah dilipat ditaruh ke wadah yang sudah saya siapkan. Ketika syifa melipat bajunya, saya kembali bertanya "kak, tidak apa-apa kan bajunya di kasih ke bapak taman", "tidak apa-apa mi, baju syifa masih banyak", ungkapnya. MasyaAllah nak, semoga terus menjadi pribadi yang suka berbagi kepada orang lain ya, sampai kakak syifa dewasa kelak. Aamiin.

"Oh iya kak, baju adek kita sortir sekalian yuk" ajak saya. Syifa dengan semangat membantu saya sortir baju adek gibran dan melipat kembali.


 

aktivitas sortir pakaian


#KuliahBundaSayang
#Gamelevel3
#FamilyProject
#MyfamilyMyteam





Comments

Popular Posts