Berkomunikasi yang Baik kepada Anak

Bismillahirahmanirahim,

Di keluarga kami, saya dan suami memberlakukan aturan menonton tv untuk kakak syifa. Menonton tv hanya boleh di pagi hari dan sore hari saja. Waktu menonton pun saya batasin maksimal 1.5 jam dengan pilihan film kartun yang sudah saya sortir sebelumnya. Biasanya waktu menonton tv di pagi hari antara pukul 07.15 - 08.30. Setelah itu dilanjut dengan aktivitas lainnya. Pagi tadi, waktu sudah menunjukan pukul 08.40 sementara itu kakak syifa masih asyik menonton tv. Saya pun langsung menghampiri kakak syifa. "Sudah yuk kak, Berhenti nonton tv nya. Sekarang  waktunya kita belajar huruf hijaiyah lagi", ucap saya kepada kakak syifa. Disini saya melakukan larangan ke kakak syifa untuk tidak menonton tv lagi, tapi dengan memberikan alternatif solusi ke kakak syifa. Syifa pun langsung mematikan tv.

"Setelah kakak syifa belajar huruf hijaiyah, kita ke indomaret yuk kak", ucap saya kepada kakak syifa. "Mau, mau.. ummi syifa mau ke indomaret.. Syifa pengen beli susu adek bayi dan koko krunch ya". Kemudian, saya mengiyakan permintaan syifa. Tapi kita tunggu adek gibran bangun dulu ya nak.. "Oke ummi", ucap syifa. Adik gibran pun bangun, lalu saya siap-siap sebelum berangkat ke indomaret. Berhubung indomaret jaraknya lumayan jauh dari rumah, saya memutuskan untuk naik mobil. 

O iya kak, ummi butuh bantuan kakak nanti selama di perjalanan. Kakak syifa nanti duduk sama adek gibran ya kak dibelakang, adek gibran di car set kalau kakak syifa duduk didepan sama ummi. Adek kasihan sendirian dibelakang, gak ada temennya. Terus kalau adek gibran nangis, ummi minta tolong lagi kakak puk puk adeknya ya nak, ucap saya kepada syifa. "Oke ummi, siappp... ". Terima kasih ya nak. Briefing dan Role playing ini sering sekali saya lakukan ke syifa, walaupun hanya ke indomaret tapi sangat membantu sekali.  

Sesampainya di indomaret, "Kakak syifa, tolong tutup pintu mobil nak", ucap saya ke kakak syifa. Kemudian kakak syifa membantu saya untuk menutup pintu. Terima kasih ya nak. 


Dengan berkomunikasi  yang baik kepada anak, kita bisa mengajarkan banyak hal ke anak tanpa harus meninggikan suara. Anak juga dapat belajar menghargai ketika setiap yang dilakukannya kita beri apresiasi dengan ucapan terima kasih atau dengan yang lain.


#day9
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional



Comments

Popular Posts