Belajar menjadi pendengar yang baik...


Bismillahirahmanirahim,


"Ummi.... kakak syifa pengen jadi astronot agar bisa melihat bumi, planet , matarhari dan bulan." ucap kakak syifa kepada saya. Tak lama kemudian,  kakak syifa pun bercerita lagi "Ummi...., kakak syifa pengen jadi guru, seperti oma & tante vina. Selang beberapa menit , syifa bercerita lagi kepada saya "ummi... kakak syifa pengen menjadi dokter seperti dokter Aris". Dokter aris adalah dokter syifa dari bayi sampai sekarang. Lalu, syifa bercerita lagi kepada ummi.. "Ummi... kakak syifa pengen menjadi pilot seperti yang ada di buku ini". "Ummi, kok diem saja dari tadi? kan syifa lagi ngomong sama ummi. Saya yang sedang focus menggosok pakaian adik gibran, ternyata tidak merespon obrolan syifa. 


Kemudian, saya langsung matikan gosokan dan langsung duduk dihadapan syifa. Maaf-maaf ya nak, ummi terlalu focus dengan gosokan jadi ummi tidak merespon kakak syifa. Kakak tadi bercerita pengen menjadi astronot, trus guru, dokter, dan pilot ya nak? iya ummi. "Kok ummi gak dengerin sih syifa bercerita?. Oke, sekarang ummi sudah mematikan gosokan. Syifa boleh cerita apa saja kepada ummi, ummi siap menjadi pendengar yang baik untuk syifa. Kemudian kaka syifa pun mulai bercerita tentang buku-buku yang sedang dibacanya. 

Kehadiran fisik saja tidak cukup untuk anak, dengan menjadi pendengar yang baik tanpa melakukan aktivitas lainnya membuat anak lebih di hargai dari pada hadir di hadapan anak dengan melakukan aktivitas. 

#day8
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Comments

Popular Posts