Asyiknya Belajar Huruf Hijaiyah

Bismillahirahmanirahim,


Pagi ini adalah hari ke-8 syifa belajar huruf hijaiyah dengan saya. Selama 1 minggu ini alhamdulillah belajar mengenal huruf hijaiyah berjalan dengan lancar. Dengan konsep "Belajar sambil bermain" membuat syifa excited untuk mengenal huruf Hijaiyah. Saya menggunakan "Flash card" dan " Sand paper" dalam pengenalan. Aktivitas bermain dimulai pukul 08.45 dan berakhir pukul 09.00. Dengan waktu 15 menit, bagi saya sudah cukup mengenalkan huruf hijaiyah.

                                                       
Flash Card Huruf Hijaiyah

Namun di pagi ini ada tantangan untuk saya, syifa tiba-tiba tidak mau belajar huruf hijaiyah. Lalu  saya pun bertanya kepada syia. Syifa, apa yang membuat kakak tidak mau belajar huruf hijaiyah  nak? kemudian syifa menjelaskan alasannya karena syifa ingin main "shut shut" dulu baru belajar huruf hijaiyah. Oh ya, "shut shut" adalah sebutan syifa untuk permainan badminton. Kemudian saya negosiasi sama syifa. Oke kalau begitu, waktu bermain kita hanya 5 menit ya, kemudian syifa mencoba negosiasi kalau 10 menit mi? (sambil menujuk jari tangannya). Hmmm, baiklah 10 menit kita akan bermain "shut shut".

8 menit pun berlalu, saya reminder syifa bahwa waktu bermainnya tinggal 2 menit. Kemudian sembari menemani syifa bermain saya berpikir, bagaimana cara menaikan semangat syifa agar mau belajar mengenal huruf hijaiyah. Baiklah, saya akan mencoba untuk bersemangat lagi. Sebelum memulai belajar pengenalan huruf hijaiyah terlebih dahulu saya membuat "yel yel" penyemangat untuk syifa. Belajar huruf hijaiyah,, Asyiiik... Belajar huruf hijaiyah, Asyiikk... Dan akhirnya syifa mau di ajak belajar Zuruf hijaiyah lagi. Dengan komunikasi produktif saya bisa menyelesaikan tantangan hari ini.





#day1
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Comments

Popular Posts