Menstimulasi Matematika Logis Pada Anak Dengan Cara Bermain

Bismillahirahmanirahin,

Alhamdulillah, kelas Bunsay sudah memasuki games level 6 yang berarti tiba pada materi yang saya tunggu-tunggu selama ini. Karena materi ini, saya bisa mengevaluasi sister pengajaran saya ke syifa. Apakah pengenalan matematika (angka) yang saya ajaran sudah tepat atau belum. Ternyata kecerdasan matematika bukan hanya berbicara tentang angka, jumlah, kali, tambah dll akan tetapi ada kecerdasan matematika logis. Gardner mendefinisikan kecerdasan matematika logis sebagai kemampuan penalaran ilmiah, berpikir secara logis, perhitungan secara matematis, penalaran induktif/deduktif dan ketajaman pola abstrak. Wajar saja, kalau selama ini syifa suka bertanya sampai detail, syifa senang mengutak atik seperti membongkar mainan kemudian menyusun kembali, bermain puzzle dll, serta rasa ingin tahu yang sangat dalam ketika kami bawa ia berkeliling kebun raya bogor ia selalu bertanya pohon apa yang temui dan ketika kami bawa ia bermain pasir ke pantai ada saja pertanyaan dari syifa tentang mengapa air yang ia ambill dari laut kemudian ia tuang kepasir  begitu cepat menyerap sementara air laut dibawahnya ada pasir yang sama. Alhamdulillah, dari pertanyaan-pertanyaan itu, saya dan suami mencoba menjelaskan dan berlajar bersama. Karena, saya yakin bahwa syifa anak yang cerdas dan pola pikirnya sedang berkembang.

Begitu juga dengan mengenalkan angka kepada syifa. Waktu ketika syifa usia 2 tahun, saya menggunakan playdough sebagai media pengenalan. Focus saya pada saat itu bukan pada syifa tau dengan ini angka 1, 2 dan 3. Akan tetapi, dari playdough syifa bisa mengikuti tulisan angka 1, 2 dan 3. Dan alhamdulillah, ternyata syifa bisa dan mengikuti instruis dengan benar. Tidak hanya menggunakan playdough, saya mencoba mengenalkan angka dengan bermain sambil berlajar. Kami merapikan buku-buku yang ada di rak buku kemudian kami berhitung bersama. Lalu, dari stik es krim, syifa mengurutkan angka 1 sampai 5.



"Membuat anak bisa itu mudah, Membuatnya suka itu tantangan". Ya, membuatnya syifa suka itu adalah tantangan saya, berpikir dan memutar otak setiap harinya agar setiap aktivitas yang saya lakukan bersama syifa berfaedah. Alhamdulillah, diusianya sekarang 4 tahun 2 bulan. Tanpa disadari, matematika adalah kesukaannya setiap mengelompokan warna, ia pun bersemangat dan secara tidak langsung syifa berhitung berapa jumlahnya. Hari ini, aktivitas syifa adalah mengelompokkan warna sesuai dengan angka yang tertera. Setelah ia, mengelompokkan warna sering kali ia meminta saya mengkoreksi apakah yang ia lakukan sudah benar atau belum. Kemudian, dilanjut dengan bermain "berjualan permen". 




#harike-1
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Comments

Popular Posts