Jam Kertas

Bismillahirahmanirahim,

"Ummi, sekarang sudah pagi belom?" tanya syifa sambil mengucek-ngucek mata. "Sudah kak." "Jam berapa sekarang mi?" tanyanya kembali. "Jam 5 kurang 15 menit kak, ummi buka jendela kamarnya ya supaya syifa bisa melihat matahari yang sudah terbit. Yuk bangun, mau jalan-jalan pagi gak sama ayah". "Mauu.."serunya. Syifa pun bersemangat bangun pagi ini. Lalu, ayah mengajak syifa dan adik jalan-jalan pagi keliling komplek. Tepat pukul setengah tujuh mereka pulang kerumah, ayah bersiap -siap untuk berangkat kerja, sementara adik dan syifa bersiap untuk mandi.

"Mi, aku boleh nonton tv?" "Boleh, waktu menonton hanya 1 jam saja ya kak." "Baik ummi." Karena dirumah kami, ada aturan untuk nonton  tv yaitu  pagi dan sore, selebihnya aktivitas bermain sambil berlajar dan membaca buku. "Kak, waktu menonton sudah habis". Kemudian syifa mematikan tv dan bertanya "Sekarang jam berapa mi?" "Jam setengah 9 kak, ummi mau sholat dhuha. Titip adik dulu ya kak, main bareng adik". Setelah selesai melaksanakan sholat, syifa samperin aku dan bertanya "mi sholat pagi itu berapa rakaat? Bukannya ummi sudah sholat subuh". "iya, tadi pagi ummi sholat subuh, sekarang ummi sholat pagi namanya sholat dhuha dikerjakan minimal 2 rakaat".

Oke, berhubung ummi sudah selesai sholat. Hari ini kita akan berlajar tentang waktu. Kita akan membuat Jam kertas. Jam kertas yang terdiri dari kertas dan stick eskrim. Selama membuat jam kertas, syifa ikut mengunting-gunting kertas dan menempelnya. Setelah, jam kertas selesai kami mulai bermain dengan menebak angka yang ada pada jam kertas. Rasa ingin tau syifa yang besar, membuat ia bertanya-tanya "mi, sekarang uda pagi ya? berarti matahari sudah terbit dong". "iya kak, matahari terbit biasanya jam 6 kurang 5. Yuk kita coba pada jam kertas, jarum pendek  ada diangka 6 dan jarum panjang ada diangka 11". Lalu, syifa memutar stick eskrim. "Hmm, kalau bulan itu ada di malam hari ya kan ya mi?" "Iya, betul sekali kak," jawabku. "Bulan sabit ya mi," seruunya. "Bulan itu ada yang berbentuk bulat seperti lingkaran, biasanya muncul kalau lagi bulan purnama berwarna kuning ke merahan, dan ada juga yang berbentuk bulat sabit." "oooo.." syifa mengganguk.




Rasa ingin tau yang besar terhadap waktu, membuat syifa mengutak-atik jam kertas yang ia buat.

#harike-3
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs




Comments

Popular Posts