Jurnal Puasa Pekan ke-3

Bismillahirahmanirahim,

Alhamdulillah wa syikurillah memiliki si kecil yang di usianya 5 tahun dan 2 tahun sudah kecanduan dengan buku. Mereka tidak bisa tidur kalau tidak dibacakan cerita atau di dongengkan. Setiap hari 1 sampai 6 buku pasti minta dibacakan. Tapi, dari ratusan buku yang sudah dibacakan. Sudah berapa sering membacakan buku tentang kisah-kisah Rasulullah SAW dan cerita para Nabi?

Saya pun termenung sejenak dan berfikir sudah seberapa jauh anak-anak saya mengenal Rasulullah  SAW dan para Nabinya. Maka dari itu, saya ingin puasa tidak malas membacakan buku tentang Rasulullah SAW dan para Nabi. Bismillah semoga Allah mudahkan.

Tatangan puasa di hari pertama tidak berjalan dengan baik. Saya sibuk menyelesaikan satu naskah untuk picture book sehingga lupa untuk membacakan cerita kepada syifa. Malah sang ayah yang seharian membacakan buku tentang Seribu Kucing untuk kakek dan Pedangan peci yang kecurian  tulisan pak Raden, Finding Dori dll. Badge need improvement untuk saya.

Di hari kedua, ketika saya ingin membacakan buku tentang sifat teladan Rasulullah SAW syifa lebih memilih untuk dibacakan buku Belajar Jujur & Allah selalu mengawasi kita dari Abunnada. Kemudian buku Teruslah Berjaga Eli! dari Yovita Siswati. Oke, saya harus memutar otak agar syifa mau dibacakan buku tentang Rasulullah SAW. Badge need improvement.

Tidak mau kalah pamor dengan pak suami yang setiap hari membacakan cerita. Di hari ketiga saya melawan rasa malas dan mengambil buku tentang sifat teladan Rasulullah. Alhamdulillah kisah tentang sifat teladan Rasulullah sabar, pemaaf, mandiri dan suka menolong bisa menari perhatian syifa. Badge excellent.

Rasa Malas itu kita sendiri yang bisa melawannya, di hari ke empat saya mencoba konsisten lagi untuk mengenalkan syifa lebih jauh tentang Para Nabi dan alhamdulillah sirah Nabi Adam As, Yunus As, Ibrahim As dan Ismail As menjadi cerita kami di siang hari. Badge excellent.

Di hari kelima, kisah Nabi Yusuf As dan Nabi Syu'aib as yang kami baca. Tantangan ketika membacakan cerita adalah saya harus melawan rasa ngantuk yang luar biasa, sementara syifa masih sangat semangat mendengarkan cerita Nabi. Badge satisfactory untuk saya yang belum bisa melanjutkan cerita karena rasa ngantuk yang luar biasa.

Hari ke enam kisah tentang Nabi Zakaria As, Nabi Isa As dan Nabi Musa menjadi pengantar tidur syifa. Alhamdulillah, si kecil semakin ingin tau dengan kisah-kisah Rasulullah SAW dan kisat para Nabi.

Tantangan di hari ke tujuh subhanallah sungguh berat, kesibukan duniawi tidak menyempatkan saya bercerita atau membacakan kisah kepada si kecil. Dari siang sampai malem, sang ayah yang membacakan buku dan berdongeng. Walaupun gagal di hari ke-7 bukan berarti besok berhenti atau malas untuk membacakan cerita. No Blaming, No excuse, No Justify, jika ingin benar-benar berubah. 




#tahapankepompong
#kuliahBuncek
#kalenderpuasa



Comments

Popular Posts