Jurnal Puasa Pekan ke-2

Bismillahirahmanirahim,

Tantangan puasa pekan ke-2 ini adalah Mengurangi Ngedumel Setelah Masak. Ya, tanpa saya sadari sering sekali saya ngedumel setelah masak. Saya suka masak, tapi saya tidak suka bersih-bersih peralatan setelah masak. Alhasil setelah saya masak, saya suka ngedumel ngomel-ngomel sendiri dan mempengaruhi mood saya. 

Hari pertama puasa, saya ber azzam pada diri saya sendiri untuk tidak ngedumel setelah masak. Yang saya lakukan adalah memberi jeda antara masak dengan bersih-bersih. Saya memberi waktu 5-10 menit untuk istirahat sejenak. Alhamdulillah, di hari pertama saya bisa menahan diri saya untuk tidak ngedumel. Untuk hari ini saya beri badged Satifactory untuk diri saya, karena bisa menahan diri untuk tidak ngedumel.

Hari kedua puasa untuk tidak ngedumel alhamdulillah berjalan baik. Saya mencoba masak sambil mencuci peralatan masak yang sudah dipakai. Masakan dengan waktu yang lama misalnya, opor ayam bisa dibarengkan dengan mencuci piring. Sehingga, ketika masak selesai peralatan masak yang dicuci pun hanya wajan saja jadi minimalisir untuk ngedumel setelah masak :).

Di Hari ke tiga tantangan untuk tidak ngedumel gagal. Karena faktor esternal, saya tidak bisa menahan emosi, alhasil nyuci piring sambil ngomel-ngomel. Badge untuk hari ini adalah need improvement    :(

Tantangan untuk berubah ke arah yang lebih baik itu pasti banyak cobaan, seperti hari ke empat saya masih belum bisa menahan diri.

Mau berubah atau tidak itu adalah pilihan, yang dapat mengkontrol diri kita hanya diri kita sendiri. Tidak mau gagal untuk ketiga kali nya, saya kembali ke track pausa untuk tidak ngedumel. Alhamdulillah, atas izan Allah di hari ke limake enam dan ke tujuh saya bisa mengkontrol semuanya. Teruntuk diri sendiri, terimakasih. Badge excellent untuk diri ini.



#tahapankepompong
#kuliahBuncek
#kalenderpuasa





Comments

Popular Posts