Jurnal Puasa Pekan ke-1

Bismillahirahmanirahim,

Tahap kepompong ini, tahapan dimana membuat saya untuk merenung dan berbicara kepada diri saya sendiri tentang "Apa yang ingin saya perbaiki dalam hidup ini?". Yang ingin saya perbaiki adalah mengurangi waktu penggunaan Gadget dan bermain Instagram.

Mengapa saya memilih untuk memperbaiki waktu penggunaan Gadget dan Bermain Instagram?
Karena ketika saya sudah menggunakan gadget saya sering kebablasan dan lupa waktu untuk bermain bersama anak, menulis atau kegiatan yang bermanfaat lainnya seperti membaca Al-Quran. 

Dengan membuat Goals 1 hari hanya boleh menggunakan Gadget (Hp) selama 2 jam dan Instagram selama 20 Menit. Di hari pertama, saya belum berhasil mengurangi waktu dalam penggunaan gadget dan instagram. Waktu penggunaan HP melebihi dari target yaitu selama 3.5 jam sementara IG selama 1.5 jam. Kendala yang saya hadapi adalah belum tegas terhadap diri sendiri, ketika alarm berbunyi saya masih kebablasan dalam menggunakan Hp dan IG. Banyaknya informasi tentang Covid 19 membuat saya ingin mencari tau berita sebenarnya, karena banyak sekali hoaks yang bertebaran. 

Di hari kedua, alhamdulillah walaupun belum bisa mencapai target tapi saya sudah bisa mengurangi waktu dalam penggunaan gadget. Dengan waktu penggunaan gadget selama 2.5 jam dan instagram 30 menit. Kendala yang saya hadapi adalah masih mengabaikan alarm yang berbunyi ketika waktu penggunaan Hp selesai. 

Dimulai dengan tekad yang kuat dan bismillah ingin berubah kearah yang lebih baik, di hari ketiga waktu penggunaan gadget semakin berkurang yaitu 1 hari saya hanya menggunakan Hp selama 50 menit dan Instagram selama 25 menit. Sementara itu, di hari ke empat saya menggunakan Hp selama 1 jam 2 menit dan Instagram selama 19 Menit. Waktu penggunaan Hp di hari ke empat lebih banyak daripada dihari ketiga, hal ini dikarenakan saya masih kurang dispilin chat yang masuk kedalam whatsapp saya buka sebelum waktu nya. 

Berkegiatan bersama si kecil sangat menggurangi penggunaan HP, di hari ke lima alhamdulillah  saya tidak bermain instagram, sementara waktu penggunaan HP diperuntukan ke hal yang penting dan mendesak. Waktu penggunaan HP di hari kelima selama 1 jam 10 menit. Di hari ke enam, saya mulai terbiasa tidak menggunakan Hp terlalu lama. Di hari ini waktu penggunaan Hp selama 1 jam 30 menit dan instagram 7 menit. Penggunaan Hp lebih tinggi dibandingkan dengan hari ke lima, hal ini dikarenakan kuliah online tahsin yang mengharuskan menggunakan Hp dan video call bersama keluarga.

Pengurangan waktu gadget ternyata sangat mempengaruhi saya, saya bisa lebih focus menemani anak-anak bermain dan menghindari banyaknya informasi (hoaks) tentang Covid 19 atau lainnya yang terkadang membuat diri ini panik.

Hari ke tujuh, semakin terbiasa dengan penggunaan HP dan instagram. Jika merasa benar-benar perlu saya menggunakan atau di jam - jam tertentu saya mengintip ada pesan masuk yang sangat mendesak dan penting, jika tidak saya meletakan kembali Hp.





Selesai sudah menjalani puasa selama 7 hari, yang mana puasa di hari pertama sangatlah berat seperti hal nya puasa hari pertama di bulan Ramadan tapi percayalah jika ingin berubah ke arah yang lebih baik Allah mudahkan langkah ini dan seperti kata Bu Septi ada 3 kunci bagi kita yang benar-benar ingin berubah No Blaming, No excuse, No Justify.

#tahapankepompong
#kuliahBuncek
#kalenderpuasa




Comments

Popular Posts