Tips Camping Bareng Balita

Assalamualaikum,

      Selamat pagi, berhubung kemarin ada yang japri bertanya kepada saya "Tips camping bareng balita" jadi pengen sharing disini apa aja sih yang harus di persiapkan camping bareng balita. Camping bareng balita itu jangan disamain dengan kita naik gunung ya. Harus lebih prepare dari segi kenyamanan si balita tersebut. Berikut tips dan perlengkapan yang saya bawa kemarin waktu camping di mandalawangi Cibodas :

1. Tenda camping : tenda camping yang kami bawa berukuran 2x3, tenda ini berkapasitas 4 orang. Kalau lebih satu anak disarankan menggunakan tenda yang ukurannya lebih besar berkapasitas 6 orang (dome).


                                                           Tenda camping

2.  Matras tenda : matras ini digunakan sebagai alas kasur, pilih matras yang aluminium foil supaya       tidak tembus dingin. Bisa dibeli di toko-toko adventure dengan harga Rp.70.000,-.

3.  Kasur tiup : supaya balita dapat tidur dengan nyenyak pilih kasur tiup yang empuk dan bisa dilipet kecil sehingga bisa masuk tas carrier.

4.  Selimut balita : karena camping didaerah pengunungan usahakan membawa selimut balita.

5. Baju hangat : selain selimut, baju hangat sangat diperlukan karena suhu dipegunungan biasanya bisa mencapai 16 derajat. 

6. Kaos kaki : ini juga wajib dibawa sebagai penghangat tubuh.

7. Mainan : pilih mainan yang disukai anak. Kemarin saya membawa bola dan lego. Selain disukai syifa bola dan lego bisa di mainkan bersama teman-teman.

8. Cemilan dan susu : pilih cemilan yang disukai anak.

9. Perlengkapan mandi : walaupun camping di daerah dingin kemarin syifa tetap mandi seperti dirumah loh mandi 2kali sehari. Ini airnya sedingin air kulkas. 

10, Obat-obatan : buat jaga-jaga basa obat-obatan seperti paracetamol, obat batik dan obat flu ya. 


     Selain perlengkapan balita, perlengkapan lainnya yang harus dipersiapkan : flysheet,  kompor gas + cadangan gas, alat masak, alat makan, ponco, jaket , P3k, kursi lipat, senter, battery dan tas keril. O ya untuk makanan berat, kita bisa membawa ayam yang terlebih dahulu di ungkep dirumah jadi pas camping tinggal goring-goreng saja. Telur dan sayuran juga bisa kita bawa untuk bahan memasak.


Selamat ber camping, jangan lupa bahagia! salam sahabat alam dari kami.







Mandalawangi Cibodas

Selamat camping!



Comments

Popular Posts