Itinerary Jogja 3 hari 2 Malam Bersama Balita dan Ibu

Assalamualaikum,

Siapa yang gak kenal dengan kota Jogja , kota yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu gudeg dan dijuluki sebagai kota seniman. Ditambah lagi dengan kedatangan Barrack Obama menjadikan kota Jogja semakin dikenal dan membuat kami penasaran untuk berkunjung ke kota Jogja. Libur lebaran pun kami pilih untuk meng-explorer lebih jauh tempat wisata yang ada di Jogja dan karena waktunya terbatas hanya 3 mari 2 malam jadi tidak semua tempat wisata yang bisa dikunjungi. Selain bersama syifa dan suami liburan kali ini saya membawa ibu mertua yang pada saat ini usianya mencapai 60an. Itinerary saya susun sebelum 2 bulan keberangkatan. Dan dikarenakan membawa ibu akhirnya saya memilih pantai, museum ulensentalu dan explore keraton Yogyakarta untuk tempat yang akan kami datangi.

Kami berangkat dari semarang pukul 6.30 pagi, alhamdulillah perjalanan lancar. Sepanjang jalan ambawara kami disuguhkan dennen pemandangan yang ciamik. MasyaAllah pemandangan gunung sindoro, gunung merbabu dari kejauhan yang begitu indah membuat kami enjoy menikmati perjalanan.

Pemandangan dijalan ambarawa

Semarang Jogja ditempuh selama 5 jam. Pukul 11.30 kami sudah tiba di kaliurang, dan berhubung kami tiba diluar dari prediksi kami, saya langsung mengusulkan untuk ke museum ulensentalu.

Museum Ulensentalu

Tiket masuk museum ulen sentalu Rp 30.000/orang. Jam buka ulensentalu untuk hari senin-jumat pukul 08.30-16.00, sementara untuk sabtu-minggu buka pukul 08.30-17.00. Disini kita bisa mengenal lebih jauh kebudayaan Yogyakarta dan Solo, dari mula silsilah kerajaan keraton sampai dengan macam-macam kain batik berserta artinya. Sebelum masuk ke museum ulensentalu kita akan dipandu guide selama didalam museum, 1 guide berisi 30 perserta waktu didalam museum kurang lebih selama 20menit. Ini salah satu tempat recommended yang harus dikunjungi kalau di Jogja. Semua benda-benda yang ada didalam museum ulensentalu tertata dengan rapi dan museum ini merupakan salah satu koleksi pribadi yang pada tahun 1997 dibuka untuk umum.
Setelah dari museum ulensentalu, kami langsung ke rumah makan raminten. Ini untuk kedua kalinya saya makan disini. Menu yang disajikan sangat variatif dari seafood sampai makanan mie2an ada disini. Untuk harga relatif, menurut saya tidak terlalu mahal.

Raminten

Setelah dari Riminten, kami langsung ke hotel untuk beristirahat dan sepertinya ibu juga sudah lelah sekali untuk hari ininya.

Hari kedua di Joga saya dan suami berencana untuk explore pantai selatan. Perjalanan dari kota Jogja ke pantai indayanti memakan waktu kurang lebih 2 jam. Ternyata sepanjang pantai selatan terdapat banyak pantai yaitu pantai Baron, pantai kukup. pantai drini, pantai krakal, pantai sundak dan pantai indrayanti. Untuk masuk ke pantai tersebut masing-masing perorang dikenai biaya Rp 10.000.  Dan hanya dibayar sekali dipintu masuk utama. Sementara tiket parkir mobil Rp 10.000,- dan motor Rp 5000,-Pantai yang kami kunjungi pertama adalah pantai Indrayanti karena menurut orang-orang pantai indrayanti yang paling bagus dan terdapat tebing tinggi untuk melihat kehidahan pantai dari atas. Disini banyak sekali tenda-tenda seperti dibali untuk leyeh-leyeh. Selain tenda-tenda banyak juga cafe-cafe yang menjual masakan seafood dengan harga yang terjangkau jadi kalau tidak sempet bawa bekel nasi bisa beli di cafe. Untuk balita yang ingin main pasir, dipantai indrayanti pasirnya halus dan bersih jadi cocok untuk balita yang ingin bermain pasir. O ya disini juga menjual alat bermain pasir loh seperti ember kecil dengan harga Rp 10.000,-

Pantai Indrayanti

Main pair di pantai indrayanti

Dari pantai indrayanti kami kepantai drini, pantai drini cukup bagus. Disini lebih sepi dibandingkan dengan pantai indaryanti. Angin pantainya lebih kencang dari pada pantai indrayanti. Banyak tenda-tenda juga buat leyeh-leyeh dipinggir pantai.

Pantai Drini

Waktu sudah menujukkan pukul 3 sore, yang artinya kami harus kembali ke hotel badan sudah perlu istirahat.
Hari Ketiga di Joga, sebelum kembali ke semarang kami berencana untuk explore keraton  Yogyakarta, maliobro, Jogger dan tempat pembuatan bakpia. Tour keliling kami gunakan becak dengan tarif Rp 10.000,- kita bisa diantar ketempat-tempat pembuatan bakpia, Jogger, malioboro dan kerato. Tiket masuk keraton Jogja sangat murah Rp 4000,- perorang dan Rp 7.000,- untuk zin photo didalam. O ya disekitar keraton banyak sekali orang-orang berjualan baju batik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Keliling Jogja pakek becak

Keraton Yogyakarta

Selamat membaca, semoga bermafaat.