Flu Singapura

Assalamualaikum,


      Sudah 3 hari ini syifa menderita sakit flu singapura. Betapa kaget nya ummi nak, ummi kira syifa sakit cacar ternyata kata dokter syifa terkena flu singapura. Sedih ummi nak, lihat tangan syifa seperti melepuh, ruam di sikut tangan dan kaki, sariawan di tenggorakan. Tapi, Alhamdulillah syifa masih mau makan dan minum. Flu singapura  membuat ummi pengen mengenal lebih jauh virus ini. Flu singapura bukan berarti virus yang berasal dari Singapore akan tetapi Flu singapura adalah penyakit yang menyerang mulut, tangan dan kaki. Penyakit ini biasanya menyerang anak kecil, namun tidak menutup kemungkinan menyerang dewasa. Pengidap flu singapura biasanya mengalami bintil-bintil air dan luka sekitar mulut, tangan dan kaki. Akan tetapi, terkadang bintil-bintil air munch di siku tangan seperti yang syifa alami sekarang.

                                                    



Sebelum syifa terkena virus flu singapura syifa mengalami :
  • Demam tinggi dengan suhu > 38 derajat
  • Hilangnya nafsu makan
  • Ruam merah
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Bantuk 
  • Rewel
       Entah dari mana syifa bisa terkena flu singapur, namun 1 minggu sebelum syifa demam tinggi kami melakukan perjalanan ke bandung selama 2 hari. Flu singapura sebenarnya dapat di ketahui sumber utama penyebarannya melalui mulut atau kontak langsung dengan penderitannya. Kelompok virus bernama enterovirus A yang menjadi penyebab flu singapur. Virus coxsackie A16,A6,A10 dan Enterovirus 71 adalah jenis-jenis enterovirus A yang paling sering menyebabkan munculnya flu singapura. Virus ini menyebar ke jaringan di mulut sekitar amandel, dan masuk kedalam sisten pencernaan. Hingga akhirnya menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah. Akan tetapi sebelum virus menyebar ke organ-organ vital, sister imunitas tube akan mengendalikannya.

        Pencegahan flu singapur umummnya tidak membutuhkan pengobatan syifa hanya diberikan 2 macam obat untuk imun dan anti alergi. Namun ketika syifa demam saya memberikan ibu profen  sebagai obat penurun demam dan ini terbukti ampuh. Alhamdulillah syifa mengalami demam tinggi hanya 2 hari saja. Dan dokter menyarankan untuk beristirahat dan banyak memberikan minuman dingin untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan. 


     Cepet sembuh ya nak, semoga Allah segera mengangkat sakitnya syifa. 





Comments

Popular Posts