Jurnal Pekan ke-4 : Makanan Besarku

Bismillahirahmanirahim,

Di minggu ke-4 ini, saya mulai mencari tambahan ilmu lain yang masih berhubungan dengan Peta saya. Dimana, focus dari peta saya adalah all about child (Bermain, Mendongeng, Tumbuh kembang anak). Pada keluarga Temanda (Teman main ananda) saya mendapatkan ilmu yang sangat banyak tentang Metode pembelajaran dalam menemani anak dan Tahap perkembangan anak. Seperti CLL dan REA. 
  • CCL (Children centered learning) , dimana pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak, semua aktivitas sesuai dengan ketertarikan anak, kemampuan pribadi anak & gaya belajar anak. Orang tua sebagai fasilitator anak.
  • REA ( Reggio Emilia Approach), dimana pendekatan pembelajaran berpusat pada anak, santific, dan berbasis budaya setempat. Menganut kurikulum emergent, yang dibentuk berdasarkan ide dan minat yang muncul dalam diri anak. Orang tua sebagai fasilitator yangmendukung proses belajar anak.
Selain metode pembelajaran dalam menemani anak, Ragam Metode/ Tahapan tumbuh kembang anak juga bermacam-macam seperti penjelasan dibawah ini:





Keseharian saya bersama anak selama 24 jam, mewajibkan saya untuk upgrade diri sebagai ibu. Salah satunya dengan menambah ilmu tentang Mendongeng. Pada group literasi, saya mendapatkan ilmu tentang Read aloud. 

Untuk menarik perhatian anak dalam mendongeng atau membacakan cerita adalah dengan membaca nyaring (Read Aloud) dengan ekspresi/mimik dan gestur yang mendukung. Suara yang berubah-ubah dan berirama membuat anak semakin anak tertarik dan terlibat secara psikis.


#janganlupabahagia
#kuliahbundacekatan
#tahapanulat-ulat


Comments

Popular Posts