NHW # 5 Design Pembelajaran

Bismillahirahmanirahim,


Semangat untuk terus mengerjakan NHW. Kali ini materi ke-5 dari institut Ibu Profesional adalah membahas tentang "Learning How To Learn" dengan judul tugas membuat "Design Pembelajaran". Sebelum menerapkan design pembelajaran ke anak, terlebih dahulu saya menerapkan design pembelajaran untuk diri sendiri. 



Design pembelajaran saya, semoga Allah senangtiasa memberi petujuk dan memudahkan setiap apa yang saya lakukan aamiin.

Sebelum membuat design pembelajaran untuk syifa, terlebih dahulu saya harus mengenali tipe belajar syifa dan mengenali tipe kecerdasan syifa. Dari hasil penelusuran saya bahwasanya tipe belajar anak terbagi menadi 3 yaitu Visual, Auditory dan Kinesthetic. Hasil pengamatan saya selama proses belajar dirumah, syifa termasuk anak yang visual. Pengamatan ini saya mulai saat usia 2 tahun, saya membuat kurikulum bermain sambil belajar syifa di rumah dan di usia nya 3 tahun 2 bulan mulai kelihatan tipe belajar syifa. 

Tipe kecerdasan menurut Howard Gardner terbagi menjadi 8 jenis yaitu : word smart (kecerdasan linguistik), number smart (kecerdasan logika atau matematis), self smart  (kecerdasan intrapersonal), people smart (kecerdasan interpersonal), musik smart (kecerdasan musikal), picture smart(kecerdasan spasial), body smart (kecerdasan kinetik), dan nature smart (kecerdasan naturalis). 
Dari ke 8 jenis kecerdasaran, untuk saat ini syifa termasuk kedalam musik smart dan nature smart. Hal ini dapat dilihat dari kesenangan syifa yang sangat suka bermain di alam dan kesenangan dalam mendengarkan musik.  

Setelah mengenali tipe pelajar dan tipe kecerdasan syifa, saya mencoba membuat design pembelajaran yang tepat buat syifa.


Design pembelajaran anak usia 3 tahun

Design pembelajaran syifa dengan Guru pendidik : kami  (orang tua) dan sebagai murid syifa. Dengan menciptakan suasana aman, nyaman, bersih dan menarik serta sebagai fasilitator dalam mendorong kreatifitas anak  dan dengan konsep "belajar sambil bermain" merupakan design pembelajar kami. Saat ini kami telah menyediakan fasilitas yang kami beri nama "Ruang bermain syifa". Dimana  ruang area bermain sambil belajar yang dilengkapi dengan papan tulis, meja pelajar, perpustakaan mini, pensil warna warni, kertas corta coret, puzzle, buku stiker dll. 




Semoga kedepannya kami bisa menjadi pendidik yang terbaik untuk syifa.

Salam ibu profesional,
Tri Rahma Dhini




     

Comments

Popular Posts