7 Ide Bermain Bersama Anak Dirumah

Assalamualaikum,

Alhamdulillah setelah saya memilih untuk resign dan menjadi full time mother, setiap hari nya saya harus berpikir untuk membuat ide bermain bersama syifa. Biasanya kegiatan bermain ini saya mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.00. Berikut ini, tujuh ide permaianan bersama syifa yang dilakukan di dalam rumah :

1. Membuat play dough 

Membuat play dough merupakan hal sangat menarik bagi syifa, walaupun hal ini sering sekali  diulang-ulang namun tidak membuat syifa bosan dengan permainan ini. Cara membuat play dough : pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, 1 sdt garam, 1 sdt minyak, perwarna makanan dan air.  Kemudian campur semua bahan yang sudah disiapkan, ulenin perlahan sampai tepung bercampur dan tidak lengket. O ya semuanya bisa dilakukan oleh si kecil, kita cuma mendampingi saja. 

Membuat play dough dapat melatih kemampuan motorik halus. Play dough juga bisa di cetak-cetak dan dibentuk sesuai yang di inginkan oleh si kecil. Sehingga bisa melatih imajinasi si kecil.

Membuat play dough

2. Membuat boneka jari 

Mengenalkan syifa pada nama-nama binatang  sudah saya lakukan ketika usia syifa 13 bulan, pada saat mengunjungi taman safari saya mengenalkan langsung nama-nama binatang yang ada disana. Namun untuk mengenal lebih jauh nama binatang, saya membuat printable gambar binatang agar lebih mudah di ingat oleh syifa dan saya berinama boneka  jari. Cara membuat boneka jari : pertama-tama cari binatang yang bentuknya menarik kemudian gunting bersama si kecil dan letakan di jari-jari sikecil. O ya terlebih dahulu kita contohkan kepada si kecil.

Selain ini, boneka jari juga bisa dijadikan bahan untuk mendongeng kepada si kecil dan menjadi bahan tebak-tebakan nama hewan.

Boneka kari

3.  Membuat Gajah

Mengenalkan huruf hijaiyah kepada syifa saya lakukan sejak dini dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat gajah kemudian menulis huur-huruf hijaiyah pada gajah tersebut. Cara yang saya lakukan cukup efektif, huruf-huruf hijaiyah lebih mudah di ingat oleh syifa. Untuk membuat gajah tersebut, pertama-tama yang saya lakukan adalah menyiapkan bahan-bahanya seperti kertas origami yang berwana-warni, kertas kokuru, sumpit, kancing dan mata boneka. Kemudian saya bentuk polanya dan menguntingnya bersama syifa. Setelah pola tersebut terbentuk syifa yang meng-lem mata, hidung mulut dan telling gajah.

Kegiatan ini selain bertujuan untuk mengenalkan huruf hijaiyah dan juga dapat melatih motorik si kecil dengan melibatkan setiap aktivitas menggunting dan menempel. Kegiatan bermain ini sangat menarik bagi syifa.




4. Menyusun stick eskrim

Permainan yang satu ini menjadi pilihan saya, dikala saya kehabisan ide bermain untuk syifa. Saya hanya menyiapkan stick eskrim, sumpit dan penjepit jemuran yang berwarna-warni. Kemudian saya biarkan syifa untuk menyusunnya hingga tinggi. 

Meskipun terlihat sederhana, permainan ini memiliki beragam manfaat. Diantaranya adalah mengenalkan warna dan melatih kesabaran syifa.


5. Finger Print 

Bermain finger print merupakan hal yang paling disenangi syifa. Di usianya 8 bulan saya sudah mengenalkan permainan ini kepada syifa. Meskipun simple permainan ini memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah syifa dapat mengenal warna dan dapat mengenal tekstur. 

Untuk bermain finger print, pertama-tama yang harus disiapkan adalah perwarna makanan dan tepung maizena. Kemudian pewarna makanan ini dicampurkan ke tepung maizena. O ya jangan lupa siapkan kertas sebagai media untuk cap tangan si kecil.




6. Mengenal Huruf

Mengenalkan huruf dengan cara mengikuti garis-garis yang ada di print table ternyata cukup efektif. Pertama-tama saya memberi syifa 1 lembar kertas dan kemudian syifa meminta nya lagi sampai di kertas yang ketiga saya stop. Di usia syifa 3 tahun saya tidak pernah memaksa syifa harus bisa menulis huruf dan menghapal huruf A sampai dengan Z, karena di usia syifa yang sekarang cukup tahu saja.   

belajar mengenal huruf

7. Boneka Kertas


Mainan masa kecil bersemi kembali. Siapa yang tak mengenal boneka kertas yang terbuat dari kertas origami, kemudian di lipat-lipat sehingga membentuk nulut, telinga, dan badan. Dengan boneka kertas ini kita bisa bermain sambil berdogeng. Boneka kertas ini juga bisa melatih imajinasi anak. 

boneka kertas


Nah, itulah beberapa ide permainan yang bisa dimainkan dirumah semoga bermanfaat. Bermain dengan anak dirumah juga bisa menambah kedekatan ibu dan si kecil :)

Comments

Popular Posts