Umroh Bawa Bayi - 1 (madinah)

Alhamdulillah wa syukurillah, akhirnya kami ( ayah, saya dan syifa bisa) bertamu kerumah Allah. Perjalanan umroh kami special karena membawa syifa. Banyak orang-orang bertanya-tanya syifa rewel tidak? nanti disanannya gimana ingin ibadah, bisa khusyuk tidak? Terus tawaf dan tsai nya gimana? Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Perjalanan pesawat 9 jam jakarta-dubai kemudian dubai - jeddah 2 jam Dan ditambah jeddah - madinah 6 jam kalau dipikir2 orang dewasa saja capek bagaimana dengan bayi. Tapi alhamdulillah ya Allah semua sudah ada yang mengatur semangatnya syifa melebihi saya. Syifa kami sounding dari sebulan yang lalu dan alhamdulillah pas hari H dia anteng sekali sesekali rewel cuma mau mimik sama umminya. Dipesawat syifa diberi box untuk dia tidur, tapi anak saya lagi2 gak mau dilebih milih tidur dipangkuan umminya atau ayah. 


Perjalanan yang ditempuh hampir 12 jam, akhirnya kami tiba di jeddah pukul 9 pagi. Dan sebelum tiba, di pesawat kami sempat mengganti pampers dan juga baju syifa.

Setelah proses imigrasi dan proses bagasi selesai rombongan kami bergegas ke madinah. Perjalanan dari jeddah ke madinah kurang lebih 6 jam. Selama perjalanan syifa lagi2 anteng (alhamdulillah) terkadang dia bermain dengan ibu2 jamaah. O ya untuk makan selama perjalanan ini syifa makan sama seperti yang ummi nya makan. Biasanya saya menyuapin syifa pakek tangan sambil di benyekan nasi tersebut. Pukul 5.30 pm alhamdulillah kami tiba di hotel dan langsung bersiap-siap sholat magrib dimesjid nabawi. Saya dan suami memutuskan untuk memandikan syifa setelah kami sholat magrib dan isya. Suhu dimadinah saat itu kurang lebih 10℃ jadi syifa kami pakaikan jaket. Untuk sholat saya masih tetap bisa berjamaah, syifa sebelum berangkat umroh sudah sering sholat berjamah. Biasanya sebelum sholat saya tanya dulu dengan syifa mau ikut sholat atau tidak, kalau mau saya ajak syifa sholat dengan gendong tapi kalau dia gak mau saya biarkan syifa di sajadah saya. O ya syifa belum bisa jelas berbica tapi feeling saya seorang ibu mengerti syifa mau nya gimana. 


Jangan pernah takut untuk tidak bisa melaksanakan sholat tahajud, sholat subuh berjamaah di mesjid nabawi minta sama Allah agar diberikan kemudahan. Pagi itu saya saya dan suami ingin berangkat ke mesjid jam 3 am saya dan suami sudah siap, namun syifa belum bangun dan lagi2 jangan sekali2 menzholomi anak. Akhirnya ayah mencium2 syifa sambil membisikan ditelingannya syifa mau ikut ke mesjid gak? Saya pun pasrah kalau syifa bangun saya kemesjid kalau tidak saya stay di hotel. Alhamdulillah syifa bangun dan kami bawa syifa ke mesjid. Seperti itulah yang kami lakukan. 

Keesokan harinya agenda rombonga untuk ke raudah, ayah syifa sebenarnya ini perjalanan umroh kedua jadi ayah mengalah untuk memberikan kesempatan kepada saya agar bisa ke raudah. alhamdulillah sekali lagi saya bisa melaksanakan sholat disana. 

Hari terakhir kami dimadinah kami mengunjungi jabal uhud, mesjid quba dan jabal magnet.





To be continue....

Comments

Popular Posts