Pesona Keindahan Danau Ranau

Assalamualaikum,

Mungkin sebagaian orang belum banyak mengenal danau ranau. Danau Ranau yang merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatra setelah danau Toba ini terletak di daerah perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan dengan luas danau sebesar 125,9 km2 dan kedalaman danau maksimal 229m. 

Weekend yang ditunggu-tunggu akhirnya kami sekeluarga berkunjung ke danau ranau setelah sekian lama merencanakan  ke danau ranau dan tak kunjung jadi. Perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 6 jam. Jalur yang kami pilih adalah Lampung-Kotabumi-Liwa-Danau Ranau. Pulang pergi kami memilih jalur yang sama dikarenakan lebih cepat dibandingkan dengan lewat krui. O ya sebelum ke danau ranau sebaiknya reservation terlebih dahulu tempat penginapan yang akan di tuju. Penginapan disini sangat minim tidak seperti danau Toba banyak tempat untuk menginap. Saya memilih "Wisma Pusri Danau Ranau" sebagai tempat menginap kami sekeluarga. 

Tarif permalamnya untuk cottage VVIP Rp 880.000,-. Sementara untuk cottage VIP Rp 484.000 dan untuk cottage standar Rp 363.000. Perbedaan kamar VIP dengan standar. Kamar VIP terdapat AC dan kulas sementara standar tidak ada. O ya untuk masuk ke danau ranau tidak dikenakan biaya (free). Contact person yang bisa dihubungi : 0822-82486694 (pak muchsin).

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam, akhirnya kami tiba di "Wisma Pusri Danau Ranau". Kami memilih kamar cottage std yang langsung berhadapan ke danau ranau. Kamar ini bisa menampung curant lebih 10 orang.


Cottage std


View Depan kamar


Wisma Pusri


Wisma Pusri dari kejauhan

My Family


Menikmati Sunset

O ya ditengah danau ranau terletak gunung yang masih aktif, jika ingin nyebrang kesana dikenakan biaya sebesar Rp.30.0000,- orang atau Rp.250.000,- per kapalnya. Disana terdapat pemandingan air panas. Untuk masuk ke Pemandian air panas dikenakan biaya Rp 10.000,- perorang. Dermaga pernyeberangan terdapat didalam Wisma Pusri Danau Ranau.




Sebenarnya banyak yang bisa di explore dari Danau Ranau berhubung waktunya terbatas jadi hanya ini yang bisa di explore. O ya tips kalau mau kesini, karena tempatnya cukup jauh dari palembang tau dari lampung sepias mungkin menginap karena terlalu capek jika ingin PP. 


Happy Traveling :)







      
     

Comments

Popular Posts